Salut, Anggota Brimob Serahkan Orangutan Sumatera ke BKSDA Aceh

Selasa, 19 September 2017

Banda Aceh, 18 September 2017. Satu individu bayi orangutan dievakuasi atas kerja sama BKSDA Aceh, KPH wilayah III Aceh dan Orangutan Information Centre (OIC) pada hari senin pagi, 18 September 2017. Bayi orangutan tersebut berjenis kelamin betina dan diperkirakan berumur sekitar 4 tahun.

Evakuasi dilakukan setelah mendapatkan laporan dari pemilik bayi orangutan yang tersebut yakni AKP Anton yang bertugas di KOMPI subden 2 Detasemen B Pelopor, Aramiah - Aceh Timur. AKP Anton menyatakan bahwa ia menemukan bayi orangutan tersebut dalan sebuah goni terikat yang dilemparkan oleh orang tak dikenal pada saat beliau melakukan razia di daerah Kecamatan Penaroun, Aceh Timur.

Awalnya beliau mengira orang tersebut membuang ganja. Ketika ditemukan, ia mengaku bingung hendak membawa orangutan tersebut kemana. Beliau memelihara bayi orangutan tersebut selama 3 bulanan yang ditaruh dalam sebuah kandang. Melihat reaksi anak-anak kecil sekitar lingkungan yang kerap mengganggu, beliau menghubungi KPH wilayah III Aceh.

Kemudian, pihak KPH menghubungi BKSDA dan OIC untuk membantu proses translokasi. Selanjutnya, orangutan ini akan dibawa ke pusat rehabilitasi orangutan Sibolangit yang berada kelola oleh Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP). 

Sumber : Balai KSDA Aceh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini