Penyerahan Bantuan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Penyangga TN Bukit Duabelas

Senin, 18 September 2017

Sarolangun, 18 September 2017. Pada bulan Agustus Tahun 2017, Balai Taman Nasional bukit Duabelas telah menyerahkan Bantuan Fasilitasi pemberdayaan masyarakat kepada 2 kelompok tani di Desa Pematang Kabau yang merupakan desa penyangga TNBD.

Dua kelompok tersebut adalah kelompok Karang Taruna Dusun Sidomakmur berupa 1 unit Mesin Air Grundfost dan 10 unit pipa PVC ukuran 12 inch. Mesin air ini akan digunakan untuk membangun instalasi air dari embung yang telah dibangun secara swadaya oleh kelompok bersama masyarakat ke penampung air yang kemudian didistribusikan ke rumah-rumah warga sekitar.

Bantuan ini diberikan karena dusun ini termasuk daerah yang kesulitan air saat musim kemarau tiba. Kelompok kedua yang menerima bantuan adalah Kelompok Tani “Sidomakmur” berupa 1 unit capung rawa dan 2 unit mesin air otomatis yang akan digunakan untuk mengolah lahan rawa menjadi sawah.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan Balai TNBD sejak tahun 2009 silam. Lebih dari 10 kelompok tani di desa-desa penyangga dan desa interaksi yang telah menerima manfaat pemberian fasilitasi ini. Pemberian fasilitasi pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat menjadi sarana peningkatan taraf hidup anggota kelompok secara khusus dan masyarakat sekitar.

Sumber : Balai TN Bukit Duabelas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini