Penilaian METT Balai Taman Nasional Bukit Duabelas

Senin, 18 September 2017

Sarolangun, 18 September 2017. Penilaian METT  Balai TN Bukit Duabelas (TNBD) telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu dengan nilai 65%. Penilaian untuk tahun 2016, dilakukan pada tahun 2017 ini tepatnya pada tanggal 06 s.d 07 September 2017 yang bertempat di Hotel golden Sarolangun.

Penilaian METT ini dilakukan oleh Pegawai balai TNBD bersama dengan beberapa stake holder yang terkait dengan pengelolaan kawasan yaitu Perwakilan Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Marosebo Ulu, Kecamatan Batin XXIV dan Kecamatan Muara Tabir. Perwakilan desa terdiri dari Desa Pematang Kabau, Desa Baru, Desa Hajran, Desa Peninjauan, Desa Padang Kelapo, dan Desa Sungai Jernih. Perwakilan desa ini juga ditambah dengan perwakilan dari kelompok tani. Pemerintah Kabupaten dan Provinsi yaitu Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun, Dinas Pariwisata dan Olahraga Sarolangun, BAPPEDA Sarolangun, Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi, dan Dinas Pariwisata Prov. Jambi. Perwakilan lainnya adalah LSM KKI WARSI yang aktif berkegiatan di kawasan TNBD. Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan Suku Anak Dalam (SAD) sebagai penghuni kawasan TNBD dan mempunyai kepentingan terbesar terhadap kawasan.

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan, diperoleh nilai 67%. Nilai ini masih kuran 3 poin dari nilai 70% yang diharapkan. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan kedepannya dalam pengelolaan kawasan. Selain itu, adanya penilaian ini telah membuka komunikasi antara Balai TNBD dengan para stake holder terkait pengelolaan TNBD sehingga setelah kegiatan ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang lebih baik agar pengelolaan TNBD menjadi lebih efektif dan sesuai dengan tujuan penunjukannya.

Sumber : Balai TN Bukit Duabelas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini