Calon Donatur Berkunjung Ke TN. Aketajawe Lolobata

Senin, 18 September 2017

Sofifi, 18 September 2017. Burung Indonesia mengajak salah satu lembaga donor yang bergerak dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan hewan, yaitu “Full Circle” ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) tepatnya di Suaka Burung Paruh Bengkok. Full Circle adalah lembaga donor yang berpusat di Hongkong.

Berawal dari undangan hari ulang tahun Burung Indonesia pada beberapa bulan lalu di Makassar, perwakilan dari Balai TNAL memulai obrolan terkait kegiatan-kegiatan yang dapat dikolaborasikan bersama Burung Indonesia. Akhirnya obrolan tersebut berlanjut menjadi sebuah kegiatan kunjungan oleh Burung Indonesia beserta Full Circle dan Birdlife Asia. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk memperkenalkan Balai TNAL dengan lembaga Full Circle yang diharapkan dapat terjalin kerjasama dibidang pengelolaan Suaka Burung Paruh Bengkok di taman nasional.

Kunjungan tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari dimulai tanggal 14 – 18 september 2017. Hari pertama para tamu diperkenalkan tentang TNAL melalui presentasi Suaka Burung Paruh Bengkok oleh Kepala Suaka, Gunawan Simanjuntak. Setelah itu pertemuan berlanjut menuju kandang transit burung paruh bengkok yang berada dibelakang kantor Balai TNAL.

Jadwal selanjutnya adalah melihat perkembangan pembangunan kantor Suaka Burun Paruh Bengkok, mengunjungi desa sekitar kantor suaka (desa Koli, desa Kosa dan desa Woda), melakukan pengamatan burung Bidadari Halmahera di Resort Tayawi dan desa Fritu.

Saat diskusi selama kunjungan tersebut, perwakilan dari Full Circle, Karthi Martelli menyatakan bahwa mengapresiasi Taman Nasional Aketajawe Lolobata yang sudah memulai gerakan penyelamatan satwa berupa Suaka Burung Paruh Bengkok dan pengembangan peningkatan kapasitas petugas dalam pengelolaan suaka masih perlu ditingkatkan.

“Masih belum didapatkan kesepakatan apapun dari kunjungan tersebut” kata Gunawan.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini