BBKSDA Papua Menyelenggarakan "Environmental Education and Nature Guide Training"

Sabtu, 16 September 2017

Jayapura, 16 September 2017. BBKSDA Papua mendapat dukungan dari US Department of The Interior, International Technical Assistance Program, untuk menyelenggarakan pelatihan Pendidikan Lingkungan dan Pemandu Alam (Environmental Education and Nature Guide Training). Pelatihan diselenggarakan di Hotel Horison Jayapura dan di Kampung Tablasupa (Field Trip) dari tanggal 12 s.d 15 September 2017.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai Besar KSDA Papua, Ir. Timbul Batubara, M.Si sekaligus sebagai narasumber dan trainer handal dari Amerika, yaitu Mr. James Rick Kendall (Superintendent of Marsh-Billing-Rockefeller National Historical Park), Mrs Toni Dufficy (Chief of Interpretive Planning at the National Park Service's Harpers Ferry Center), dan Mrs. Dawn Harris (US Fish and Wildlife Service).

Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 19 orang terdiri dari pejabat struktural dan fungsional BBKSDA Papua, perwakilan dari bidang wilayah dan seksi wilayah kerja BKSDA Papua, Dinas Pariwisata Kab. Jayapura serta perwakilan Direktorat Kawasan Konservasi dan Direktorat PJLHK.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam pendidikan lingkungan dan menyediakan teknik melakukan interpretasi serta mengembangkan program untuk melatih anggota masyarakat sebagai pemandu alam (Peningkatan Kapasitas SDM staf di Balai Besar KSDA Papua), semuanya untuk mendukung pengelolaan ekowisata di kawasan konservasi.

Selain di Hotel, kegiatan juga dilakukan di Kampung Tablasupa Distrik Depapre Kabupaten Jayapura. Hal-hal baru diperoleh trainer dan peserta di Kampung Tablasupa ini selain keindahan alam yaitu laut, gunung dan kampungnya juga dapat mengenal masyarakat, tumbuhan dan pesona yang tak kalah menakjubkan adalah menyaksikan keindahan Burung Cenderawasih.

Mendukung pengelolaan dan pengembangan potensi kawasan konservasi di dalam dan di sekitar lokasi yang dikelola Balai Besar KSDA Papua membutuhkan kerjasama berbagai pihak hal ini juga mendukung pariwisata berkelanjutan di Tanah Papua.

Sumber Info : Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini