Kongres dan Musyawarah Desa Penyangga TN Gn Leuser Bersama Dirjen KSDAE

Minggu, 17 September 2017

Aceh Tenggara, 16 September 2017. Bertempat di Pendopo Bupati Aceh Tenggara, Rombongan Dirjen KSDAE diterima oleh Sekda Kab.Agara. Beliau menyampaikan apresiasi atas kedatangan Dirjen KSDAE dan rombongan ke Bumi Segenap Sepakat (Kutacane). "Kami berharap kunjungan kerja ini dapat menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang terjadi antara masyarakat dengan pihak TNGL",ujarnya.

Di desa Alur Baning kec. Babullrahmah, rombongan Dirjen KSDAE disambut dengan tarian khas daerah. Hadir bersama di tengah - tengah masyarakat, bupati dan wakil bupati terpilih , Kapolres Aceh Tenggara, komandan Kodim , Camat Babullrahmah, kepala desa Alur Baning dan tokoh masyarakat lainnya.

Pada kesempatan itu, Dirjen KSDAE yang kagum dengan keindahan kekayaan alam Aceh Tenggara mengajak masyarakat, Pemda dan TN Gunung Leuser (TNGL) dapat bekerja bersama - sama mensejahterakan masyarakat dengan melestarikan kawasan TNGL.

Bupati Aceh Tenggara terpilih dalam sambutannya menyampaikan perlunya bantuan pemerintah pusat untuk dapat membantu masyarakat. "Kerusakan kawasan TNGL merupakan dampak dari rendahnya kesejahteraan masyarakat . Kami meminta pihak TNGL dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar kawasan TNGL. Kami yakin jika kesejahteraan masyarakat terpenuhi, kawasan TNGL tidak akan dialihfungsikan oleh masyarakat untuk menafkahi keluarganya", jelasnya.

Pada sesi diskusi, masyarakat mengeluhkan penebangan tanaman ilegal yang dilakukan oleh pihak TNGL. Mereka merasa hak hak mereka dirampas oleh pihak TNGL sehingga meminta solusi Dirjen KSDAE.

Menanggapi para penanya yang begitu antusias, Ir. Wiratno, M.Sc sangat bersemangat memberi masukan dan arahan kepada masyarakat. Seperti halnya di Kec.Putri Betung( Gayo Lues), Dirjen memerintahkan staff TNGL untuk segera membentuk tim khusus pendataan masyarakat yang mengelola lahan di kawasan TNGL, untuk selanjutnya dilakukan pembinaan agar lahan - lahan yang telah diusahakan oleh masyarakat dapat dioptimalkan tanpa mengabaikan kaidah-kaidah konservasi. Beliau juga mengarahkan masyarakat untuk berkolaborasi dan berkomitmen bersama TNGL dan Pemda untuk bersama-sama mengelola dan melestarikan kawasan TNGL demi kesejahteraan masyarakat.

Dalam agenda tersebut dihelat juga penandatanganan deklarasi dan kesepakatan pengelolaan kawasan TNGL secara kolaboratif antara pihak TNGL, Pemda, para mitra kerja TNGL dan masyarakat. Semoga menjadi cahaya baru dalam ranah konservasi TN Gunung Leuser dimana komitmen dan kerja bersama menjadi kekuatan menjaga alam yang Allah anugerahkan.

Sumber : Balai Besar TN Gunung Leuser

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini