Kunjungan Youth REDD+ Correspondent Program JICA Tokyo Di TN Gn Palung

Selasa, 12 September 2017

Ketapang, 12 September 2017.  Kantor Balai TNGP mendapat kunjungan dari Youth REDD+ Correspondent Program  yang merupakan program JICA Tokyo. Peserta program adalah pemuda pemudi negara Jepang yang lulus seleksi program yang akan melakukan kunjungan ke negara-negara lokasi kegiatan REDD+ JICA berada untuk mempelajari lebih mendalam tentang apa itu REDD+. Sekembalinya dari kunjungan lapangan, koresponden muda ini akan membagikan pengalaman dan pengetahuannya menggunakan beragam media seperti media sosial, media cetak dan media audiovisual. Tujuan utama kegiatan  ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Jepang khususnya generasi muda terkait isu-isu perubahan iklim dan REDD+. Dalam kunjungan kali ini dilakukan selama 2 hari dan diikuti oleh 4 orang koresponden muda, 1 orang dari JICA Indonesia, dan 2 orang Koordinator program.

Peserta Youth REDD+ Correspondent disambut langsung oleh Kepala Balai TNGP beserta KSBTU dan staf. Bertempat diruang rapat, Kepala Balai menjelaskan tentang TNGP secara umum dan perkembangan kegiatan-kegiatan yang didukung oleh IJ-REDD+ Project selama lebih dari 4 tahun belakangan ini. Selain itu untuk memberikan informasi mendalam tentang TNGP peserta disuguhkan pemutaran beberapa film dokumenter TNGP.

Pada hari yang sama peserta Youth REDD+ Correspondent Program berkunjung kedusun Tanjung Gunung Desa Sejahtera dan bertemu dengan kelompok masyarakat yang merupakan inisiatif masyarakat sebagai hasil dari proses fasilitasi masyarakat yang dilakukan oleh petugas TNGP. Dalam kesempatan tersebut, peserta juga mempelajari bagaimana proses fasilitasi masyarakat yang dilakukan petugas TNGP berhasil merubah perilaku masyarakat yang tadinya merupakan pelaku penebangan liar, berubah menjadi masyarakat pendukung kegiatan-kegiatan konservasi dengan beragam mata pencaharian alternative sebagai pengganti kegiatan ekonomi yang merusak hutan. Pada sore hari rombongan berangkat menuju Sungai Batu Barat untuk mengunjungi lokasi taman nasional dan berjumpa secara langsung dengan populasi satwa Bekantan dan Monyet Ekor Panjang. Dihari kedua rombongan Youth REDD+ Correspondent Program berkunjung keareal HCV  PT. KAL seluas 637 ha, diakhir kunjungan rombongan  menuju kantor Manggala Agni Daops Ketapang dan memperoleh pengetahuan tentang pengelolaan kebakaran hutan dan lahan di Kab.Kayong Utara dan Ketapang.

Sumber : Balai TN Gunung Palung dan IJ-REDD+ Project

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini