Bimtek Analisis METT BBKSDA Sulsel

Jumat, 15 September 2017

Makassar, 15 September 2017. Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan bimbingan Teknis Analisis METT untuk petugas dilapangan dan perangkat Desa/ kelurahan yang berada disekitar kawasan konservasi selama 2 hari dari tanggal 13 s/d 14 September 2017 di Balai Diklat Kehutanan Makassar.  Pelibatan pihak lain ini dimaksudkan untuk memperoleh input analisa yang berbeda terkait pengelolaan kawasan konservasi.  Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk menilai efektifitas pengelolaan kawasan konservasi secara mandiri.  Dalam pembukaan kegiatan ini Kepala Balai Besar KSDA Sulsel Ir. Dody Wahyu Karyanto,. MM mengingatkan kepada para peserta agar tetap memperhatikan elemen penilaian dan proses penilaian untuk mencapai efektifitas Pengelolaan kawasan konservasi.  Beliau juga berpesan untuk tidak mengejar nilai ambang minimal 70% tapi tidak memberikan manfaat bagi kawasan yang sedang dinilai.

Bertindak sebagai pemateri adalah Kepala Subag Data, Evlap dab Humas Dedy Asriady,. S.Si,.MP tentang Self Assesment METT secara umum dan Kepala Seksi P3 Yusry M,. S.Tp,. M.Hut tentang mekanisme penilaian kawasan konservasi tersebut.  Dalam praktek assessment yang dilaksakan oleh peserta secara berkelompok mereka dibimbing bagaimana menentukan nilai yang bergantung pada sejauh mana tingkat pengelolaan kawasan konservasi berdasarkan data-data yang telah ada.

Metoda METT ini dipilih sebagai instrumen untuk mengukur pengelolaan konservasi pada tingkat Tapak sehingga memungkinkan petugasnya untuk menjawab pertanyaan pada METT itu sendiri tanpa perlu memiliki kemampuan riset secara spesifik.

Sumber : Humas Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini