In House Training Pengelolaan Kearsipan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kamis, 14 September 2017

Cibodas (14/9/2017). Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melaksanakan kegiatan In House Training  Pengelolaan Arsip, dibuka oleh Kepala Balai Besar TNGGP yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Ir. Yusak Mangetan, M.AB.) yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Margi Utami, S.Sos. (Kasubag Kearsipan dan Dokumentasi KLHK) dengan judul “Pengantar Kearsipan, Manajemen Arsip Aktif, dan Mananjemen Arsip Inaktif Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan”, kedua oleh Ibu Rukmini (Arsiparis Unit Pusat Kearsipan KLHK) dengan judul “Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Inaktif Kementerian Lingkungan Hidup dan  Kehutanan”, dan materi ketiga oleh Bapak Budi Santoso, S.Sos. (Arsiparis Unit Pusat Kearsipan KLHK) dengan judul “Pemeliharaan Arsip” dengan Moderator Drs. Antong Hartadi (Kepala Sub Bagian Umum).

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan peserta in house training perihal tanggung jawab masing-masing tugas dan kearsipannya. Seperti bagian keuangan, barang dan perlengkapan, program dan kerjasama, data dan evaluasi pelaporan kehumasan, teknis, maupun lainnya.

Selesai sesi diskusi dan tanya jawab, dilakukan  kunjungan ke Depo Arsip Balai Besar TNGGP. Menurut narasumber Depo Arsip di Balai Besar TNGGP sudah mulai berjalan dengan baik dan rapih. Namun SDM dan sarana prasarana masih harus ditingkatkan untuk lebih baik lagi ke depannya. Seperti adanya tunjangan dampak resiko bagi pengelola arsip sesuai UU No. 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, penggunaan Sistem Kearsipan Elektronik (SKE), dan penyimpanan arsip menggunakan lemari roll o'pact. Namun, penggunaan lemari roll o'pact perlu diperhatikan luas ruangan dan anggaran yang tersedia.

Semoga dengan diselenggarakannya In House Training Pengelolaan Arsip lingkup Balai Besar TNGGP dapat meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan kinerja pegawai dalam melaksanakan tugasnya di bidang kearsipan.

 

“Belajar dengan giat menjadikan diri pribadi yang bijak”

 

Sumber: Randi – Staf Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini