Sinergi Kegiatan US DOI-ITAP di Wilayah Kerja BBKSDA Papua

Selasa, 12 September 2017


KEPALA BALAI BESAR KSDA PAPUA TERIMA TIM US DOI-ITAP

Jayapura, 11 September 2017. Balai Besar KSDA Papua kedatangan Tamu dari US DOI-ITAP dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat pada hari Senin, 11 September 2017 pukul 13.00 WIT. Pertemuan dilakukan di Ruang Kepala Balai Besar KSDA Papua guna membahas kegiatan US DOI-ITAP di Wilayah Kerja Balai Besar KSDA Papua khususnya di Kabupaten/Kota Jayapura, yang dihadiri oleh:

1. Ir. Timbul Batubara, M.Si (Kepala Balai KSDA Papua)
2. Ir. Ahmad Yani (Kepala Bidang Teknis KSDA, Balai Besar KSDA Papua)
3. Johan Gustiar Imbenai (PEH Pelaksana Lanjutan BBKSDA Papua)
3. Tri Winarni (Staf Direktorat PJLHK, Dirjen KSDAE)
4. Yosi Toluta (Staf Direktorat KK, Dirjen KSDAE)
5. Enis Widjanarti (Perwakilan US DOI-ITAP Indonesia)
6. Toni Dufficy (Chief of Interpretive Planning at the National Park Service’s Harpers Ferry Center)
7. Rick Kendall (Superintendent of Marsh-Billings-Rockefeller National Historical Park and the National Park Service Chief of Interpretive Planning at the National Park Service’s)
8. Dawn Harris (Earned a Bachelor of Science Degree in Wildlife Ecology/Oregon State University)

Kepala Balai Besar KSDA Papua menyambut kehadiran Tim US DOI-ITAP dan Tim Kementerian LHK Pusat dengan hangat, Pertemuan tersebut selain perkenalan sekaligus membicarakan rencana kegiatan US DOI-ITAP di Wilayah Kerja Balai Besar KSDA Papua pada tanggal 12 s.d 15 September 2017 bertempat di Horison Hotel Jayapura dan di Kampung Tablasufa (Field Trip).

Sebelumnya pada bulan September 2016 DOI-ITAP melakukan penilaian untuk memberikan rekomendasi awal kepada Konservasi Alam (BBKSDA) Aceh dan Papua. Penilaian ini mendapat dukungan dan masukan penting dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan. Penilaian tersebut mengidentifikasi beberapa kegiatan yang diprioritaskan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan di dalam dan di sekitar lokasi yang dikelola Balai Besar KSDA Papua. Kegiatan pertama adalah pelatihan tentang pendidikan lingkungan dan interpretasi alam. Pelatihan ini akan menyediakan teknik untuk mengembangkan dan melaksanakan kegiatan interpretasi, dan program untuk melatih anggota masyarakat sebagai pemandu alam (Peningkatan Kapasitas SDM staf di Balai Besar KSDA Papua).

Selain kegiatan tersebut diatas beberapa saran dan masukan dari Kepala Balai Besar untuk Tim US DOI-ITAP agar pada kesempatan yang akan datang melakukan kegiatan technical assistance & capacity building DOI-BBKSDA Papua ke depan dan how to synergize kegiatan ini dengan role modelling BBKSDA Papua dalam rangka mendukung pengelolaan dan pengembangan potensi kawasan konservasi, Semoga kegiatan ini bermanfaat.

Sumber : Johan G. Imbenai - PEH Pelaksana Lanjutan Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini