Sudah Dimulai, Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK Kehutanan Manokwari di TN Aketajawe Lolobata

Selasa, 12 September 2017

Sofifi, 12 September 2017. Disambut langsung Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata, siswa SMK Kehutanan Manokwari yang didampingi oleh beberapa guru pendamping diterima dengan baik di kantor Balai TNAL. Jumlah siswa yang akan melaksanakan praktikum dalam waktu 3 (tiga) bulan kedepan adalah sebanyak 32 siswa. Para siswa tersebut akan dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, kelompok pertama akan melaksanakan praktikum di Resort Tayawi dan kelompok kedua akan melaksanakan praktikum di Resort Binagara. Kedua kelompok tersebut juga akan melakukan pertukaran tempat praktikum.

Sebelum terjun langsung dalam kawasan, terlebih dahulu para siswa diberikan pembekalan-pembekalan sesuai dengan kondisi TNAL. Diantaranya adalah pemberian materi bidang perlindungan, pemanfaatan dan pengawetan. Materi lainnya adalah bidang kompetensi minat, seperti pembuatan video, latihan mounteneering, identivikasi burung dan baru saja dilakukan tadi pagi (12/09/2017) adalah praktik penangkapan ular beserta pencagahan pertama saat terjadi gigitan ular.

“Untuk pengembangan ilmu sangat positif karena saat praktikum pasti akan menemukan hal-hal baru yang tidak didapatkan dalam kelas”, papar Pak Birawa selaku Kepala SPTN Wilayah II Maba. Beliau juga membuka peluang kepada siswa PKL untuk berkunjung ke Resort Buli, tepatnya melakukan kegiatan di kawasan Uni-uni.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini