Terpesona, Tim Ekspedisi Lolobata Telah Memasuki Kawasan TN Aketajawe Lolobata

Selasa, 12 September 2017

Sofifi, 12 September 2017. Tepat pukul 12:00 WIT tim Ekspedisi Lolobata Tahun 2017 masuk ke kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) di pintu masuk sungai Dodaga, Halmahera Timur. Sempat terhadang oleh hujan, tim akhirnya memutuskan untuk tetap masuk kawasan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Saat tim memasuki sungai Dodaga terlihat anggota tim terperangah dan terpesona akan keindahan pemandangan di sungai Dodaga. Selain itu mereka juga disambut oleh burung Julang Irian dan Gagak Halmahera yang melintas berpasangan. Sebelumnya, beberapa peserta tim ekspedisi juga dikejutkan dengan keunikan para porter yang membawa alat berburu dan tas tradisional mereka.

Dengan jumlah total peserta ekspedisi sebanyak 31 peserta termasuk pemandu dan porter selama dilapangan akan menyusuri Blok Lolobata mulai dari Sungai Dodaga sampai dengan sungai Onat dan keluar di desa Pekaulan atau jalan gunung Uni-uni di Halmahera Timur.

Tim peneliti terdiri dari tim peneliti capung dari Indonesia Dragonfly Society (IDS), tim peneliti kupu-kupu dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, tim goa dan jelajah dari mapala Silva Gama Universitas Gajahmada, tim dokumenter dan promosi dari para traveller writer dan video grafer Bapak Harley B. Sastha dan tim serta tim peneliti burung, flora dan Masyarakat Tobelo Dalam dari pegawai TNAL.

Selama kurang lebih 10 hari kedepan, tim ekspedisi akan melakukan eksplorasi keanekaragaman hayati di dalam kawasan taman nasional dimana belum pernah dilakukan eksplorasi didaerah tersebut. Kepala Balai TNAL menyatakan bahwa target utama ekspedisi selain menemukan hal baru adalah menemukan sarang burung Bidadari dan bertemu dengan suku Lingon.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini