Pengamanan Batas SM Isau Isau Balai KSDA Sumsel

Sabtu, 09 September 2017

Lahat, 8 September 2017. Suaka Margasatwa Isau-Isau yang berbatasan dengan 23 desa-desa penyangga yang secara administratif masuk dalam 5 wilayah kecamatan menjadikan kawasan tersebut sangat rentan akan tekanan perambahan.

Kerentanan tekanan terhadap kawasan yang masuk dalam wilayah kelola Seksi Konservasi Wilayah II Lahat BKSDA Sumatera Selatan ini menjadikan kegiatan patroli pengamanan batas kawasan menjadi prioritas.

Berdasarkan kerentanan tekanan oleh masyarakat maka kegiatan patroli pengamanan batas diprioritaskan untuk daerah yang berbatasan langsung dengan desa-desa penyangga di wilayah administratif Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat dikarenakan wilayah tersebut terpadat diantara kecamatan lain yaitu sebanyak 9 desa yang berbatasan langsung dengan kawasan. 

Kepala BKSDA Sumatera Selatan Genman S. Hasibuan menyatakan pentingnya pengamanan batas kawasan konservasi dengan prioritas pada wilayah yang memiliki potensi tekanan yang tinggi berdasarkan kepadatan penduduk yang bermukim pada desa-desa yang berbatasan langsung dengan kawasan juga aksesibilitas daerah tersebut menuju kawasan.

Pada kegiatan patroli pengamanan batas kawasan yang dilakukan pada minggu pertama bulan september tahun 2017, Resort Konservasi Wilayah V Isau-Isau melaksanakan kegiatan tersebut pada kawasan yang berada dalam wilayah administratif Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat.

Tim menyusuri batas sepanjang 9 km pada Grid 6a,6b,7b,8b,8c,9c,9d,10d, dan 11d dengan memasang tanda batas. Selain itu tim juga bergerak mengupas setiap grid yang terlewati untuk mendata potensi kawasan, pemanfaatan jasling, gangguan kawasan, dan informasi lain yang penting sehingga menjadikan kegiatan patroli batas kawasan menjadi efektif. 

Diharapkan melalui rutinitas kegiatan patroli pengamanan batas kawasan ini dapat memagari kawasan dari gangguan oleh aktivitas masyarakat yang berpotensi terjadinya penggunaan kawasan secara non prosedural. Dan dengan upaya rutinitas patroli yang efektif selain mengamankan batas kawasan juga dapat mendata informasi dalam kawasan yang menjadi masukan dalam rangka pembaharuan data kawasan.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini