Empat Hektar Lahan Karet Diserahkan ke TNGL untuk Ditumbangkan

Selasa, 05 September 2017

(Bohorok, 4/09/2017) Ratusan batang tanaman karet ditumbangkan Tim Gabungan yang dipimpin Kepala BPTN Wilayah III Stabat. Pasalnya, perkebunan karet tersebut masuk ke dalam kawasan TNGL, yaitu di Pal TN 1619-1623, Blok Hutan Lau Simpang Juma Tegapan, Resort Bohorok, Seksi PTN Wilayah V Bohorok, Bidang PTN Wilayah III Stabat. Lokasi telah dicek oleh BPKH wilayah I Medan.

Penumbangan dilakukan pada tanggal 24 - 25 Agustus 2017 oleh Tim yang terdiri dari  Kepala Seksi PTN Wilayah V Bohorok, Kepala Resort Bohorok, Personil Polsek Bohorok, Personil Koramil Bohorok, WCS-IP, YOSL-OIC, YHUA, Lembaga Pariwisa Batu Katak, Tim Smart Patrol, dan Masyarakat. Kegiatan ini digelar dalam rangka pemulihan ekosistem kawasan dimana Balai Besar TNGL memiliki komitmen untuk terus berupaya mengembalikan fungsi kawasan.

 "Areal perkebunan karet seluas ±4 hektar tersebut sebelumnya telah diserahkan secara sukarela oleh Sdr. Pulo Sembiring dan Sdr. Suyono", jelas Kepala BPTN Wilayah III, Ardi Andono.

Areal bekas penumbangan ditanami 500 batang bibit pohon jenis Dipterocarpus sp. dan Shorea sp. Kegiatan ini mendapat dukungan dana dari mitra WCS dan YOSL-OIC dengan skema Smart Patrol. Untuk selanjutnya petugas TNGL akan menggelar patrol rutin di areal bekas penumbangan tersebut. Patroli dengan smart Patrol secara intensif merupakan upaya untuk menjaga kelestarian biodiversitas flora fauna habitat 4 satwa kunci yang dilindungi negara sekaligus sebagai paru-paru dunia yang harus kita jaga.

Sumber: TN GL

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini