Bayi Orangutan Morio TN KUTAI Kembali di Selamatkan

Selasa, 05 September 2017

Sangkima, 3 September 2017 sekitar pukul 16.00 WITA, staf Resort Sangkima SPTN Wilayah I Sangatta Balai Taman Nasional Kutai kembali menerima satu individu orangutan (Pongo pygmaeus morio).  Orangutan berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berumur ± 1 tahun serta dalam kondisi sehat diserahkan oleh Bapak Andreas warga KM 10 Kampung Dayak kepada personil Manggala Agni Daops Sangkima (Wibi). Menurut keterangan Bapak Andreas, anak orangutan didapat ketika Ia dan temannya sedang memancing ikan. Setelah dirawat di kantor Resort Sangkima selama 2 hari,  pada hari Selasa, 5 September 2017 anak orangutan tersebut diserahkan oleh PEH TN Kutai Bapak Suwarto, S.Hut., MP.  kepada Balai KSDA Kaltim yang diterima oleh Bapak Witono, S.Hut. untuk penanganan lebih lanjut mengingat anak orangutan masih sangat kecil dan jika dilepaskan kembali ke alam diperkirakan tidak akan bertahan hidup karena orangutan yang berumur ± 1 tahun belum bisa untuk hidup mandiri.
Dengan maraknya konflik satwa liar yang terjadi, Balai Taman Nasional Kutai menyambut baik keterlibatan masyarakat dalam penyelamatan dan penanganan satwa liar. Namun demikian, klarifikasi terkait asal usul dan sejarah satwa yang diserahkan oleh masyarakat perlu dilakukan. Jika memang sebelum penyerahan satwa masyarakat sudah melakukan pelanggaran terhadap satwa dan habitatnya misalnya perambahan atau pembantaian maka perlu ditangani secara hukum agar dapat memberi efek jera kepada pelaku.
Rencananya, untuk perawatan dan penanganan orangutan tersebut, Balai KSDA Kaltim   akan menyerahkan ke Yayasan Jejak Pulang. Semoga orangutan dapat tumbuh menjadi orangutan dewasa dan menjadi penerus orangutan morio di alam. #TNKutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini