ONE DAY AT SIX SAND BEACH FROM PACIFIC OCEAN

Jumat, 01 September 2017

Jayapura, (1/9/2017). Kegiatan “One Day At Six Sand Beach From Pacific Ocean”  telah dilakukan di CA Peg. Cycloop pada tanggal 1 September 2017 di Pasir 6 Kelurahan Angkasa Kota Jayapura. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan ke CA Peg Cycloop dan Kearifan Lokal For Cycloop, kegiatan ini diikuti oleh Kepala BBKSDA Papua Ir. Timbul Batubara, M.Si dan sebelas pegawai BBKSDA Papua lainnya.

Diawali pertemuan dengan Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Bpk. Daniel Toto, serta melakukan penunjukan Kepala Resort Raveni Rara yaitu Andi Y. Rumbrapuk (Polhut BBKSDA Papua). Kegiatan selanjutnya adalah pembersihan disekitar Pasir 6 dan juga pembuatan tempat sampah, kemudian melakukan penyemenan tangga menuju puncak pemantauan Samudera Pasifik dan CA. Peg. Cycloop yang diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Balai Besar KSDA Papua serta pemasangan spanduk Kearifan Local for Cycloop, selanjutnya mempersiapkan kegiatan untuk malam hari dengan memasang tenda yaitu malam kebersamaan (api unggun) dan selanjutnya beristirahat.

Keesokan harinya, pada pagi hari, diawali dengan kegiatan melihat site monitoring pengamatan burung Cenderawasih dan potensi wisata lainnya (air terjun) yang letaknya di sekitar lokasi Pasir 6 dan kemudian dilanjutkan dengan mengembalikan beberapa jenis anggrek ke alam serta penyerahan bibit 2000 pohon (Matoa, Merbau dan lainnya) kepada Ketua DAS untuk penanaman di sekitar pantai pasir 6 dan Kampung Necheibe. Sebelum menuju Kampung Adat Necheibe, tim melakukan pembersihan pantai dan diselingi dengan aktivitas tim yaitu menyelam, diving serta berlari di pantai.

Dalam perjalanan ke Kampung Adat Necheibe, dari speedboat mencermati ekosistem Cycloop sepanjang pantai, berhenti sejenak menyaksikan keindahan batu bulat (sakral) dan mengabadikan dengan drone. Setelah tiba di Kampung Adat Necheibe yaitu Kampung yang berada di Distrik Raveni Rara Kabupaten Jayapura, tim disambut oleh Ondoafi (Bpk Gustap Adolop Toto), Ketua DAS dan guru sekolah. Ondoafi menceritakan tentang ekosistem dan sejarah Cycloop, kegiatan di Kampung Adat Necheibe diawali dengan pengecatan sekolah dan dilanjutkan dengan pertemuan di Balai Kampung dengan masyarakat setempat, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Pemerintahan Kampung yang dipimpin langsung oleh Ondoafi Kampung Adat Necheibe, acara diakhiri dengan foto bersama dan kompak melakukan salam konservasi. Selanjutnya dalam perjalanan kembali menuju Pantai Pasir 6, disepanjang perjalanan Ondoafi dan Ketua DAS menceritakan tentang  sejarah Batu Bulat (wisata religi) dan penunjukan lokasi peneluran penyu. Tak terasa kunjungan tim telah berakhir, tetapi kunjungan ini bukanlah pertemuan yang terakhir karena dari kunjungan ini diharapkan adanya suatu evaluasi dari wujud upaya konservasi yang akan dilakukan.

 

Sumber Info : I Ketut Diarta Putra, S.Si (Kasubag Evlap & Humas BBKSDA Papua) & Tim One Day At Six Sand Beach From Pacific Ocean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini