MILESTONE KONSERVASI ORANGUTAN OLEH BKSDA KALIMANTAN TENGAH

Senin, 04 September 2017

 Palangkaraya (4/9/2017). Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang hidup di Asia, Orangutan dianggap sebagai suatu ‘flagship species’ yang menjadi suatu simbol untuk meningkatkan kesadaran konservasi serta menggalang partisipasi semua pihak dalam aksi konservasi. Kelestarian orangutan juga menjamin kelestarian hutan yang menjadi habitatnya dan kelestarian mahluk hidup lainnya. Sampai dengan tahun 2016 status orangutan Kalimantan yang semula  endangered (IUCN Red List tahun 2002)  menjadi Threatened (IUCN Red List tahun 2016). Tingginya tekanan pada habitat orangutan, mendorong pemerintah RI serius menanggapi kondisi yang ada sehingga menyusun Strategi dan rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017. Yang mencakup strategi konservasi untuk orangutan Sumatera dan Kalimantan.

Untuk kegiatan konservasi orangutan, Balai KSDA Kalimantan Tengah telah melakukan kolaborasi kegiatan konservasi orangutan dengan beberapa mitra yakni Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), Orangutan Foundation International (OFI) dan Orangutan Foundation UK (OF-UK). Ruang lingkup kegiatan kerjasama yang dilakukan diantaranya adalah rescue, rehabilitasi, release orangutan dan penyadartahuan masyarakat.

Untuk kegiatan release orangutan, sampai dengan tahun ini Balai KSDA Kalimantan Tengah bersama mitra BOSF Nyaru Menteng berhasil melepasliarkan 167 individu orangutan di Hutan Lindung Batikap yang terletak di Kabupaten Murung Raya dan 59 individu orangutan di TN Bukit Baka Bukit Raya. BKSDA Kalimantan Tengah bekerjasama dengan OFI telah berhasil melepasliarkan sebanyak 76 individu ke Camp Seluang Mas, Rimba Raya Conservation Conssesion di Kab. Seruyan. Orangutan yang dilepasliarkan tersebut adalah orangutan yang telah berhasil direhabilitasi.

Untuk kegiatan soft release dan translokasi, BKSDA Kalimantan Tengah telah bekerja sama dengan OF-UK melakukan translokasi 15 individu orangutan dan soft release 8 individu orangutan selama tahun 2016 hingga agustus 2017. Data rekapitulasi rescue dan penyerahan orangutan periode tahun 2010 s/d Agustus 2017 dapat dilihat pada gambar 1.

 

Gambar. Grafik Rekapitulasi Rescue dan Penyerahan Orangutan Tahun 2010 s/d Agustus 2017

 

Sampai dengan saat ini, BKSDA Kalimantan Tengah bersama dengan mitra terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan kegiatan konservasi orangutan. Upaya tersebut termasuk dalam inisiasi pembentukan Forkah Kalimantan Tengah, penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya konservasi orangutan, school visiting dengan target pelajar. Kegiatan pelatihan mitigasi konflik dan pembentukan satgas mitigasi konflik telah dilakukan Balai KSDA Kalimantan Tengah bekerja sama dengan beberapa perusahaan perkebunan sawit. Pada tahun 2016 Balai KSDA Kalimantan Tengah bersama USAID Lestari melaksanakan kegiatan pelatihan mitigasi konflik dengan melibatkan masyarakat di beberapa desa di Propinsi Kalimantan Tengah.

Keberhasilan kegiatan konservasi orangutan memerlukan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Pemerintah, akademisi, LSM, pihak swasta, dan masyarakat. Tanpa dukungan dari berbagai pihak maka tidak dapat dipungkiri populasi orangutan di alam akan semakin terancam punah.

 

Sumber : BKSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini