UPAYA PERLINDUNGAN & PENGAMANAN CA PEG. CYCLOOP OLEH MMP HOLOROWA

Sabtu, 26 Agustus 2017

Jayapura, 26/08/2017. Balai Besar KSDA Papua dalam Upaya perlindungan dan pengamanan hutan yang melibatkan masyarakat tidak pernah berhenti dilakukan. Partisipasi aktif masyarakat tersebut diwujudkan dengan menggalang kemitraan antara Polhut dan masyarakat. Kemitraan ini ditumbuhkembangkan dalam pengelolaan pengamanan dan ketertiban lingkungan di kawasan konservasi.

Salah satu upaya perlindungan dan pengamanan hutan tersebut, dilakukan kegiatan pembangunan Pos Pengamanan untuk kawasan CA Peg. Cycloop di lokasi Kampung Sereh Distrik Sentani Kab. Jayapura berdekatan dengan lokasi air terjun Pos 7 Sentani. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 oleh MMP Binaan BBKSDA Papua yaitu MMP Holorowa Kabupaten Jayapura yang bertugas pada kawasan CA Peg Cycloop. Adapun maksud dibangunnya Pos ini adalah untuk kegiatan masyarakat lokal yang terlibat dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan agar senantiasa membantu institusi BBKSDA Papua di lapangan. Perlaksanaan kegiatan yang sangat membantu BBKSDA Papua adalah patroli, survey, pemantauan, investigasi, operasi dan kegiatan lainnya secara bertangggung jawab di bawah koordinasi pemangku kawasan. 

Pembangunan Pos pengamanan kawasan pegunungan cycloop dilakukan secara bekerja sama antara anggota MMP Holorowa dan Pendamping yaitu Eddy Sam Lau dan La Ode Irianto Subu keduanya adalah Polhut BBKSDA Papua. Kerja sama ini merupakan swadaya masyarakat di tanah adat Bp. Amos Ondi, dan dalam pengerjaannya diawasi langsung oleh Bp. Amos Ondi selaku Kepala Suku Kampung Sereh.

Para Pendamping MMP Holorowa menyatakan berterima kasih atas partisipasi aktif masyarakat tersebut yang terwujud dari kemitraan antara Polhut dan masyarakat. Kemitraan yang ditumbuhkembangkan sangat bermanfaat dalam pengelolaan pengamanan dan ketertiban lingkungan di kawasan konservasi.

Sumber Info : Eddy Sam Lau, La Ode Irianto Subu (Polhut BBKSDA Papua)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini