Smart Patrol Pengamanan Cagar Alam Martelu Purba, Kolaborasi Dengan MMP

Jumat, 03 Maret 2023

Perbaikan tugu batas yang tumbang di CA. Martelu Purba

Pematang Purba, 2 Maret 2023. Dalam rangka perlindungan dan pengamanan kawasan konservasi di wilayah kerja Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, khususnya di  Resort Wilayah Cagar Alam (CA) Martelu Purba dan Cagar Alam (CA) Batu Gajah pada Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, dilakukan berbagai upaya, diantaranya kegiatan Smart Patrol Pengamanan Hutan bersama kelompok Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) di CA. Martelu Purba pada tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan 2 Maret 2023 (selama 4 hari) dengan personil sebanyak 6 orang, terdiri dari 2 orang PNS/petugas dan 4 orang anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP), yang dipimpin langsung Kepala Resort, Alharis Ruhidi, S.P.,M.Si.

Melalui pelaksanaan kegiatan Smart Patrol Pengamanan Hutan bersama kelompok MMP di CA. Martelu Purba kali ini, telah berhasil dilakukan perbaikan posisi Tugu Batas CA/17 yang semula tumbang/rebah akibat disenggol traktor yang melakukan pengolahan lahan pertanian warga yang berbatasan langsung dengan kawasan. Juga telah dilakukan pemeliharaan pal batas sebanyak 12 unit berupa pembersihan (membabat dan mencangkul) semak di sekitar pal batas sehingga keberadaan pal batas dapat terlihat dengan jelas.

Keikutsertaan kelompok MMP dalam upaya perlindungan dan pengamanan kawasan konservasi merupakan wujud dari komitmen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan cq. Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar/daerah penyangga kawasan konservasi.  Saat ini terdapat sebanyak 8 orang anggota MMP di wilayah kerja Resort CA. Martelu Purba dan CA. Batu Gajah sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara Nomor SK. 1997/K.3/BKW II/KPA/8/2022 tanggal 12 Agustus 2022.

Smart Patrol Pengamanan Hutan bersama MMP perdana tahun 2023 ini terasa semakin berwarna dengan keikutsertaan 2 orang mahasiswi Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang sedang melaksanakan kegiatan magang. Mata pelajaran yang terkait antara lain adalah Eko Toksikologi, Ekologi Hutan, Biologi Konservasi dan Ekologi Landskap.

Petugas beserta MMP dan mahasiswi Unimed melakukan pemeliharaan pal batas

Kesadaran masyarakat yang bergabung bersama kelompok MMP akan terus difasilitasi seiring dengan upaya untuk mencegah dan membatasi perusakan hutan serta untuk mempertahankan hutan sebagaimana telah diatur dalam Pasal 7 huruf (d) dan huruf (i) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2004 tentang Perlindungan Hutan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2009.

Sumber : Alharis Ruhidi, SP., M.Si.,  – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Alharis Ruhidi
Keikutsertaan MMP diharapkan mampu menimbulkan kesadaran masyarakat yang lain untuk peduli terhadap pengamanan hutan
Alharis Ruhidi
Keikutsertaan MMP diharapkan mampu menimbulkan kesadaran masyarakat yang lain untuk peduli terhadap pengamanan hutan