Pemeriksaan Rutin Gajah Binaan Flying Squad Balai TN Tesso Nilo

Senin, 27 Februari 2023

Lubuk Kembang Bunga, 24 Februari 2023. Gajah binaan Flying Squad Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) kembali dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin oleh Tim Dokter Hewan dari Veswicc dan Dokter Hewan dari Balai Besar KSDA Riau, Minggu (19/2). Pemeriksaan didampingi para mahout Flying Squad Balai TN Tesso Nilo dengan pemeriksaan umum seperti pengukuran tinggi gajah, pengukuran lingkar dada, berat badan dan pemberian obat cacing.

Beberapa gajah perlu dilakukan pemeriksaan khusus seperti pada gajah Lisa yang mendapatkan  treatment pada lesi di bagian vulva karena terdapat bintik-bintik merah, jadi gajah Lisa diberikan antiseptic secara rutin dan spray gusanex. Sementara itu pada gajah jantan Rahman diberikan pemeriksaan khusus dengan lanjutan treatment pada bagian pangkal ekor karena luka sebelumnya. Gajah Rahman diberikan antiseptic dan gusanex untuk menghindari investasi myasis/lalat.

Hasil umum dari pemeriksaan rutin umum dari segi kesehatan gajah binaan terkonfirmasi dengan kondisi dalam kategori Ideal (Baik).

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini