Menggiring Gajah dari Arah Utara dan Timur

Senin, 27 Februari 2023

Pelalawan, 24 Februari 2023. Balai Taman Nasional Tesso Nilo melalui Resort Flying Squad Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) bersama personil dari Balai Besar KSDA Riau (BBKSDA Riau) dan PT. Musimmas melanjutkan upaya pencegahan konflik terhadap gajah liar di Desa Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (11/2).

Operasi gabungan ini diawali dengan koordinasi di Camp Estate 6 menuju ke Darmaga Kundur, Sungai Nilo areal Konservasi milik PT. Musimmas, yang dilanjutkan dengan menggunakan pompong (perahu kayu berdiesel) di Darmaga Kundur, Sungai Nilo. Sepanjang menyusuri sepadan Sungai Nilo untuk mengetahui tanda ataupun bekas jejak gajah Liar, akhirnya tim gabungan menemukan bekas Pondok Jaga Sawit milik perambah seluas 1 hektar di lahan Konservasi milik PT. Musimmas. Tanda dan bekas gajah Liar juga ditemukan dari foot print hingga kotoran yang masih basah, dan 10 pohon sawit yang telah dimakan.

Suara gajah liar pun terdengar sekitar 20 meter dari titik lokasi tim menemukan jejak, dan terlihat 5 ekor gajah sedang dalam keadaan istirahat (tidur) dibalik semak yang dinaungi beberapa tajuk pohon. Melihat kondisi tersebut secara teknis di lapangan, tim gabungan bersepakat untuk beristirahat di dekat posisi gajah liar yang sedang tidur. Dari hasil pengamatan, kemungkinan besar gajah tersebut tidak akan menyebrang menuju Desa Kesuma dan konsesi areal PT. Arara Abadi, hal tersebut dikarenakan kondisi Sungai Nilo sedang banjir, sehingga gajah liar sangat nyaman ketika di areal konservasi milik PT. Musimmas.

Setelah menunggu para kawanan gajah liar beristirahat selama 2 jam 30 menit, satu persatu kawanan gajah liar mulai bangun dari tidurnya, dan tim gabungan perlahan lahan mulai menggiring seluruh gajah liar untuk keluar dari area kawasan Konservasi PT. Musimmas. Tim gabungan pun bersepakat untuk berpencar dengan membagi jadi 2 (Dua) tim, untuk tim pertama menggiring dari sisi utara dan tim kedua menggiring dari sisi Timur. Selama proses penggiringan, tim melakukan metode mitigasi pengusiran dengan cara membuat suara teriakan sekeras kerasnya sehingga kawanan gajah tersebut akan menggeser posisinya untuk berpindah ke arah barat.

Akhirnya pada sore hari sekitar pukul 16.45 WIB, gajah terlihat sudah melewati jalan koridor untuk bergerak ke arah konsesi Areal PT Arara Abadi & Taman Nasional Tesso Nilo. Giat patroli berikutnya sementara akan berfokus pada pencegahan konflik satwa.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini