Mandi Malam, Warga Diserang Buaya di Sungai Batang Kuantan

Jumat, 24 Februari 2023

Pekanbaru, 24 Februari 2023 - Balai Besar KSDA Riau melalui Resort Bukit Rimbang melakukan mitigasi interaksi negatif satwa liar buaya di Desa Sikakak, Kec. Cerenti, Kab. Kuansing, Minggu (19/2). Petugas berkoordinasi dengan Kades Sikakak (Bapak Andri) dan diperoleh informasi bahwa ada satwa buaya yang menyerang warganya saat sedang mandi di sungai Batang Kuantan.

Korban a.n bapak Amat, menyampaikan kronologis kejadian berawal pada pukul 19.00 WIB saat hendak pergi ke sungai Batang Kuantan untuk mandi, selang beberapa lama seekor buaya menerkam lengan tangan kanannya  dan spontan pak Amat berusaha melepaskan gigitan buaya tersebut dan segera pulang ke rumahnya. Petugas bersama Kades, Pak Amat dan warga Sikakak menuju ke lokasi untuk melihat TKP. Kades Sikakak menyampaikan bahwa di sungai Batang Kuantan banyak aktivitas masayarakat, dan berharap agar dilakukan pemasangan perangkap  untuk menangkap buaya agar tidak terjadi hal yang sama.

Petugas menjelaskan kepada Kades dan warga bahwa sungai Batang Kuantan merupakan salah satu habitat buaya di Riau. Dan untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi interaksi negatif antara manusia dengan buaya maka perlu berbagi ruang dan waktu antara manusia dan satwa tersebut. Petugas menghimbau kepada warga agar menghindari aktivitas di  sungai saat satwa aktif mencari mangsa (umumnya mulai pukul 17.00 - 07.00 WIB). Pihak Desa juga memasang papan informasi di pinggir sungai batang kuantan sebagai peringatan agar warga desa Sikakak tidak bersikap anarkis terhadap satwa buaya karena merupakan satwa dilindungi dan selalu berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Riau.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini