Harimau Muncul, Waspada Anak Sekolah

Rabu, 11 Januari 2023

Salah satu jejak harimau yang ditemukan

Desa Biru, 11 Januari 2023. Awal tahun 2023, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) kembali muncul di Dusun Aek Jahengna,  Desa Biru, Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapanuli Selatan. Warga melaporkan adanya penampakan binatang buas ini yang terlihat melintas di kebun warga pada Minggu, 8 Januari 2023.

Laporan warga ini kemudian direspon dengan cepat oleh petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, dengan melakukan pengumpulan data dan keterangan (pulbaket) di lokasi. Dari penelusuran serta pengumpulan data maupun keterangan, ditemukan adanya beberapa jejak yang diduga kuat adalah jejak harimau. Diperoleh juga  informasi bahwa Desa Biru merupakan pusat dari Kecamatan Aek Bilah. Harimau kerap terlihat  muncul melintas, dimana  lintasan harimau berada di jalan desa antara Dusun Aek Jahengna dengan induk Desa Biru. Di Dusun Aek Jahengna terdapat sekitar 25 kepala keluarga.

Dusun ini berbatasan langsung dengan hutan produksi terbatas. Diduga penyebab keluarnya si raja hutan akibat adanya aktivitas illegal logging di  hutan sekitar desa. Selain itu juga diduga harimau berburu babi hutan yang ada di sekitar ladang, karena saat ini lagi musim panen padi.

Petugas juga mengingatkan agar pelajar selalu didampingi orangtua saat berangkat maupun pulang sekolah

Upaya penanganan yang dilakukan petugas adalah dengan memberikan sosialisasi kepada warga agar selalu waspada dalam melakukan aktivitas, khususnya saat berladang. Dihimbau agar segala aktivitas dilakukan secara berkelompok. Terhadap anak-anak yang bersekolah, diminta juga kepada orangtuanya untuk didampingi, mengingat lokasi sekolah (Sekolah Dasar) yang berada di Desa Biru, jaraknya 3 km dari Dusun Aek Jahengna, diperkirakan merupakan lintasan Harimau Sumatera.

Upaya sosialisasi kepada warga dilakukan petugas dengan mengunjungi warung

Sumber : M. Nasir Siregar – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini