Mediasi Untuk Sawit yang Dicabut

Rabu, 14 Desember 2022

Pekanbaru, 13 Desember 2022 - Resort Siak, Balai Besar KSDA Riau, melakukan patroli ke lokasi perambahan kawasan konservasi di Taman Nasional (TN) Zamrud, Rabu (7/12).

Di lokasi, petugas berjumpa dengan kontraktor alat berat excavator di Hutan Produksi  di luar kawasan TN Zamrud. Tim juga didatangi masyarakat karena pemusnahan tanaman sawit yang berada di lokasi perambahan, masyarakat merasa tidak terima karena pemusnahan sepihak dari petugas Resort Siak. Mediasipun dilakukan bersama masyarakat di aula desa Dayun di tengahi penghulu/Kepala Desa Dayun, Kepala Bapekam/BPD, dan Kaur Pertahanan Kampung Dayun.

Hasil mediasi berupa pengolah lahan siap mengembalikan status tanah dan melakukan pencabutan kembali semua bibit sawit yang sudah ditanam.  Pengolah lahan mengaku tidak tahu bahwa lahan yang dibeli berada di TN Zamrud karena tidak adanya rambu batas kawasan. Tim akan mendampingi pencabutan bibit sawit yang sudah tertanam dalam waktu dekat dan direncanakan sekaligus melakukan pemasangan spanduk sebagai tanda batas kawasan TN. Zamrud.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini