Patroli dan Halau Gajah Liar Bersama Masyarakat

Jumat, 09 Desember 2022

Lubuk Kembang Bunga, 9 Desember 2022. Piket penjagaan hutan alam Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) secara intensif terus dilakukan, piket dilakukan untuk memantau dan mencegah terjadinya aktifitas melanggar undang-undang di dalam kawasan. Pada piket penjagaan hutan kali ini, 10 orang petugas melakukan patroli di hutan alam areal Resort Lancang Kuning Air Sawan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB), tanggal 2 – 4 Desember 2022.

Pada patroli kali ini tidak ditemukan adanya aktivitas tipihut baik jejak maupun tindakan. Tim kemudian melakukan anjangsana kepada masyarakat Lubuk Kembang Bunga dan mendapat laporan bahwa terdapat gajah liar yang masuk ke dalam perkebunan masyarakat, tim lalu melakukan  patroli bersama warga untuk mengusir gajah liar agar kembali masuk ke dalam kawasan hutan.

Keesokan harinya tim melanjutkan patroli di areal Resort Lancang Kuning Kuning Air Sawan dan menemukan adanya pembukaan lahan di areal tersebut. Tim langsung mengambil tindakan pemasangan plang dan menabur biji di areal bukaan tersebut. Pada lokasi lainnya tim juga menemukan adanya pondok yang telah dirobohkan oleh tim patroli sebelumnya. 

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini