Terlihat di Areal Perusahaan, BBKSDA Riau Cari Tanda – Tanda Si Belang

Selasa, 06 Desember 2022

Pekanbaru, 6 Desember 2022  - Kembali satwa liar yang diduga mirip harimau sumatera dilaporkan terlihat, kali ini Resort Kerumutan Selatan, Balai Besar KSDA Riau melakukan mitigasi negatif konflik, Sabtu, (26/11) setelah mendapat laporan bahwa satwa terlihat di Desa Petonggan, Kec. Pasir Penyu, Kab. Indragiri Hulu.

Sebelumnya Kepala Resort bersama Manager Kebun dan Tim HSE serta security PT. Inecda melakukan koordinasi ke kantor Bidang Wil I Rengat tentang perjumpaan  tersebut, Jumat (25/11). Menurut keterangan dari Tim HSE PT. Inecda penampakan yang diduga satwa harimau sumatera tersebut didapat dari seorang masyarakat pada Senin, 21 November 2022 sekitar jam 10 pagi. Dilanjutkan dengan turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan penyisiran di dalam kebun karet masyarakat dan areal lindung (HCV) milik PT. Inecda seluas +/- 1,5 ha, namun tidak ditemukan tanda- tanda adanya keberadaan satwa baik berupa jejak maupun bekas cakaran. Pemantauan juga dilakukan melalui udara dengan menggunakan drone milik PT. Inecda untuk memastikan keberadaan satwa di lokasi tersebut.

Sosialisasi pun dilakukan untuk menghimbau kepada pihak perusahaan serta masyarakat agar tidak memasang jerat atau memburu satwa yang di lindungi oleh Undang - Undang karena satwa tersebut merupakan aset Negara. Tim juga mengingatkan kepada pihak perusahaan dan masyarakat agar tetap waspada serta hati-hati bila melakukan aktivitas di kebun terutama pada pagi dan sore hari. Sampai saat ini monitoring dan koordinasi tetap dilakukan dengan Tim HSE PT. Inecda untuk melakukan pemantauan di lokasi perjumpaan yang diduga  satwa harimau sumatera dan meminta kepada pihak perusahaan agar melaporkan apabila menemukan tanda – tanda keberadaan satwa yang dilindungi di lokasi tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini