Diduga Mirip Harimau Sumatera, BBKSDA Riau Mitigasi Konflik

Selasa, 06 Desember 2022

Pekanbaru, 6 Desember 2022 - Mitigasi interaksi negatif satwa liar harimau sumatera (hs) di Desa Redang Seko dan Banjar Balam Kec. Lirik, Kab. Inhu dilakukan Tim Resort Kerumutan Selatan, Balai Besar KSDA Riau, Senin (28/11). Bersama staf KesbangPol Kab. Inhu, Kasi Damkar dan Penyelamatan BPBD Kab. Inhu dan anggota, Kadus dan Ketua RT serta masyarakat Desa Redang Seko menindaklanjuti laporan Kapolsek Kec. Lirik pada 27 November 2022. Informasi Kapolsek diperoleh dari media sosial (FB) bahwa di Kecamatan Lirik terlihat penampakan mirip satwa liar harimau sumatera di sekitar perkebunan masyarakat Desa Redang Seko, Banjar Balam, Seko Lubuk Tigo dan desa Pasir Ringgit, Kec. Lirik, Kab. Inhu. Penampakan tersebut pertama kali terlihat oleh warga pada malam hari.

Tim gabungan turun ke lokasi mencari jejak dan menyisir area, namun tidak menemukan tanda-tanda adanya keberadaan satwa di lokasi tersebut, baik jejak maupun tanda-tanda lain yang berkaitan dengan satwa tersebut. Karena tanda – tanda signifikan tidak ditemukan, sosialisasi pun dilakukan untuk menghimbau masyarakat melalui Kadus I Desa Redang Seko agar tetap hati- hati melakukan aktivitas di kebun terutama pada sore, malam dan pagi hari serta mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang anarkis terhadap satwa yang dilindungi oleh Undang – Undang termasuk satwa harimau sumatera atau satwa lainnya.

Apabila ada warga menemukan jejak satwa  atau menjumpainya secara langsung, Tim gabungan mengharapkan kepada masyarakat agar melaporkan ke pada pihak terkait serta tidak mengupload informasi yang belum pasti kebenarannya ke medsos agar tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat lainnya. Sampai saat ini, monitoring dan pemantauan masih dilakukan terkait kemunculan satwa yang diduga harimau sumatera tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini