DAMKARMAT Lombok Timur Serahkan Ular Sanca Kembang 5 Meter

Kamis, 01 Desember 2022

Lombok Timur, 1 Desember 2022. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menerima satwa serahan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DAMKARMAT) Lombok Timur, Rabu (30/11). Satwa serahan diterima langsung oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai TNGR dari Sofiyan Hadi (Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Damkar Lotim), Hirwan Wadi (Danton Rescue Damkar Lotim), dan Abdul Aziz (Danru Rescue Damkar Lotim).  Mereka menyerahkan 1(satu) ekor satwa liar jenis Ular Sanca Kembang (Malayophyton reticulatus) dengan panjang sekitar 5 meter. Satwa liar tersebut merupakan hasil serahan dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Belanting kepada DAMKARMAT Lombok Timur.

Balai TN Gunung Rinjani memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian DAMKARMAT Lombok Timur dalam menjaga keberlangsungan hidup satwa liar. Selanjutnya satwa liar tersebut sementara direhabilitasi di Kantor Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Selong untuk nantinya dilepasliarkan di kawasan TN Gunung Rinjani. 

Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani kawasan konservasi yang merupakan rumah alami bagi satwa/hidupan liar untuk melangsungkan hidupnya.  Tidak jarang masyarakat maupun mitra menyerahkan satwa liar yang dijumpai atau dimiliki kepada Balai TN Gunung Rinjani untuk dilepasliarkan kembali di kawasan TN Gunung Rinjani. Tumbuhan dan Satwa liar yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati memegang peranan penting dalam rantai kehidupan bahkan keberlanjutan hidup manusia. Oleh karenanya, mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan keanekaragaman hayati kebanggaan kita. 

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini