Jangkau Areal Rawan Dengan Berjalan Kaki

Senin, 28 November 2022

Lubuk Kembang Bunga, 25 November 2022. Tim piket penjagaan hutan alam Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), melakukan patroli di hutan tersisa di daerah lubuk balai, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) pada tanggal 4-5 November 2022. Menggunakan 3 unit sepeda motor, tim menyusuri jalur patroli untuk memonitoring kawasan dan mencegah terjadinya aktifitas-aktifitas terlarang di dalam kawasan.

Berbagai tantangan yang dihadapi tim dalam kegiatan patroli berupa putusnya jalur patroli karena tumbangan pohon dan banjir. Patroli selain menggunakan motor juga dengan berjalan kaki untuk menjangkau lokasi rawan seperti di daerah lubuk balai cukup rawan sehingga perlu dilakukan patroli secara intensif. Namun dengan banyaknya jalan putus perlu dilakukan  pembukaan akses oleh tim berikutnya.

Di lokasi areal tumbangan tim melakukan pemasangan plang/rambu  peringatan dan penaburan biji di lokasi terbuka sebagai upaya preventif yang terus dilakukan agar hutan tersisa tetap terjaga. Tim lalu memutuskan untuk kembali ke camp terlebih dahulu untuk menyusun strategi esok hari.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini