Dieng Culture Festival 2017

Minggu, 06 Agustus 2017

Prosesi pelarungan potongan rambut gembel di TWA Tlogo Warno Tlogo Pengilon di Acara Dieng Culture Festival (DCF)

Dieng, 6 Agustus 2017. Dieng memiliki warisan kebudayaan yang tinggi. Peninggalan sejarah berupa ragam candi berikut artefak yang ada menunjukan Dieng pada masa lalu adalah pusat peradaban kebudayaan. Dieng disebut juga Di Hyang (Taman Dewa/Negeri Para Dewa).

Sebagai pusat peradaban masa lalu, leluhur masyarakat Dieng meninggalkan warisan kebudayaan berikut tatanan nilai yang telah dibangun sebagai paugeran (aturan) tatanan kehidupan umat Hindu waktu itu. Sejumlah peninggalan purbakala berupa bangunan candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-7 pada masa Dinasti Sanjaya itu membuktikan adanya peradaban yang telah dibangun diketinggian 2.200 mdpl.

Dieng Culture Festival - DCF sebagaimana namanya merupakan Festival Budaya dengan konsep sinergi antara unsur Budaya Masyarakat, Potensi Wisata Alam Dieng serta Pemberdayaan masyarakat lokal.

Agenda Pesta Budaya ini digelar setiap Tahun di Dieng Plato, Gelar DCF yang ke-8 Tahun 2017 ini bertemakan The Spirit Of Culture dan dilaksanakan pada tanggal 4 - 6 Agustus 2017, dengan agenda utamanya adalah Prosesi Ruwat Rambut Gembel.

Sumber Info : Balai KSDA Jawa Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini