Temuan - Temuan Hasil Patroli SM Kerumutan

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Balai Besar KSDA Riau, yang dipimpin Kepala Seksi, Sugito, melakukan patroli pengamanan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Desa Kampung Pulau, Kec. Rengat, Kab. Inhu, Rabu (26/10). Petugas patroli bersama Kades, Babinsa dan masyarakat Desa Kp. Pulau menyusuri Sungai Mengkuang dan Sungai Tetual SM Kerumutan Selatan.

Dalam patroli bersama pengamanan kawasan kerumutan, Kades berharap Tim mengedepankan pembinaan dan sosialisasi terhadap warganya apabila dijumpai aktivitas ilegal di dalam kawasan SM Kerumutan Selatan. Sampai di lokasi, Tim gabungan melakukan penyisiran di dalam kawasan dan menemukan bekas jalan sepeda yang diduga milik pelaku illegal logging namun tidak menemukan seorangpun di sekitar lokasi tersebut. Barang bukti yang berhasil ditemukan berupa  kayu olahan chainsaw sebanyak +/- 3 meter kubik. Penyisiran kemudian dilanjutkan ke hulu sungai dan dijumpai dua pondok kerja (Camp) yang kosong, sudah ditinggal oleh pemiliknya dan satu pondok yang masih aktif. Pondok tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar secara aman dan terukur.

Tim melakukan pengecekan papan himbauan dan larangan yang berada di pintu masuk sungai Mengkuang SM Kerumutan Selatan, kondisinya masih baik dan aman.  Dari patroli tersebut ditemukan juga dua titik illegal logging yang akan mendapat perhatian lebih dari petugas dan pihak Desa. Dari hasil temuan tersebut, petugas akan melakukan sosialisasi kembali kepada warga agar tidak melakukan aktifitas illegal di dalam kawasan karena sanksi tegas akan dikenakan jika tetap melanggar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini