Penampakannya Terlihat, Petugas “Ajak” Orangutan Tapanuli Kembali ke Habitanya

Rabu, 21 September 2022

Orangutan Tapanuli terpantau warga di Desa Mardame

Desa Mardame, 19 September 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort KSDA Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, mendapat laporan dari Kepala Desa Mardame, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah tentang adanya aktifitas satwa liar Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) di lokasi kebun masyarakat, pada Sabtu 17 September 2022.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Resort KSDA Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori, Lantas Hutagalung, melakukan koordinasi dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dan meninjau lokasi bersama dengan Sekretaris Desa Mardame. Di lokasi, Tim melihat sarang orangutan di ketinggian 6 m dan dilakukan pengumpulan data serta keterangan. Selain itu, sosialisasi dan penyuluhan juga dilakukan Kepala Resort KSDA Pelabuhan Laut  Sibolga dan Bandara Pinangsori  kepada masyarakat tentang perlindungan satwa liar termasuk di dalamnya Orangutan Tapanuli, sebagaimana diatur dalam peraturan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Sosialisasi dan penyuluhan kepada warga

Keesokan harinya, Minggu 18 September 2022, Tim gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan mitra lembaga kerjasama YEL dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari Orangutan Information Centre (YOSL OIC) serta aparat Desa Mardame, memantau kembali keberadaan orangutan tersebut. Melihat kondisi lapangan yang berbukit terjal dan lembah yang curam, sangat menyulitkan pergerakan Tim, akhirnya  diputuskan melakukan pengusiran dan penghalauan dengan menggunakan petasan dan mercon, dengan harapan orangutan tersebut kembali ke habitatnya di Hutan Lindung Batang Toru Blok Barat.

Kepala Desa Mardame dan Camat Sitahuis, mengapresiasi kesungguhan serta keseriusan Tim gabungan  dalam penanganan orangutan tapanuli dimaksud, dan berharap kerjasama ini dapat terus dilanjutkan di waktu-waktu yang akan datang.

Sumber : Lantas Hutagalung – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini