Waspada Karhutla, Balai TN Bukit Tigapuluh Asah dan Bentuk MPA

Senin, 29 Agustus 2022

Tebo, 28 Agustus 2022. Bertempat di Desa Bukit Bakar, Distrik VIII PT. Wirakarya Sakti (WKS), Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) mengadakan kegiatan pembentukan/pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) lingkup Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Tebo Tengah Jambi pada tanggal 24 s.d 26 Agustus 2022. Kegiatan diikuti peserta sebanyak 20 orang yang berasal dari 4 (empat) desa lingkup Resort Lubuk Mandarsah dan Resort Suo-suo yaitu Desa Lubuk Mandarsah, Desa Suo-suo, Desa Semambu dan Desa Pemayungan. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dimana kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat peduli api binaan Balai TNBT di bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Pembukaan kegiatan pembentukan/pembinaan MPA ini dihadiri Distrik Manager VIII, Bapak Sukarman beserta Regu Pengendalian Kebakaran (RPK) PT. WKS dan Manggala Agni Daops Sumatera XII/Muara Tebo. Bapak Sukarman mengatakan bahwa suatu kebanggaan bagi PT. WKS dipercaya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan ini. “Saya sangat bangga dan mengapresiasi pihak TNBT yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan kepada masyarakat yang tergabung dalam anggota MPA yang telah ikut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini” ujarnya. Kejadian kebakaran hutan dan lahan ini menjadi tanggung jawab kita bersama dan berharap agar masyarakat dapat menjadi agen-agen dalam mensosialisasikan tentang pencegahan kebakaran hutan sehingga titik api dapat berkurang bahkan tidak ada lagi titik api di tahun-tahun yang akan datang”, ujarnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Tebo Tengah, Hendra Koswandi mewakili Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, mengatakan bahwa Masyarakat Peduli Api (MPA) merupakan tenaga sukarela yang membantu dan memperkuat Balai TNBT dimana kelompok tersebut dibentuk dalam rangka kegiatan pengendalian kebakaran hutan. Tugas MPA dalam membantu Balai TNBT dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pencegahan, pemadaman dan penanggulangan dampak kebakaran hutan dan lahan tergolong cukup berat. ”Untuk dapat melaksanakan tugas berat tersebut, maka anggota MPA harus diberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan di bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, seperti yang sedang kita laksanakan sekarang ini” ujarnya.  “Saya berharap agar masyarakat yang mengikuti pelatihan ini dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan serius agar pengetahuan dan ketrampilannya bertambah dan diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilannya ini kepada masyarakat yang lain apabila terjadi peristiwa kebakaran hutan dan lahan di sekitar kita” tutupnya.

Dalam serangkaian kegiatan pelatihan tersebut, beberapa materi pelatihan yang disampaikan kepada para peserta antara lain seperti teori tentang materi dasar kebakaran hutan dan lahan yang mencakup peraturan perundangan bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, dasar-dasar kebakaran hutan, metode pemadaman. Selain itu, peserta pelatihan juga diajak untuk melakukan praktek tentang formasi regu, gelar gulung selang, peralatan pemadaman dan simulasi pemadaman. Sebagai pemateri yang dipercaya dalam kegiatan itu adalah Manggala Agni Daops Sumatera XII/ Muara Tebo.

Sumber : Darmanto Ambarita - Polhut Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini