Harimau Muncul di Saipar Dolok Hole, Petugas Lakukan Mitigasi

Kamis, 11 Agustus 2022

Jejak harimau ditemukan di lokasi

Saipar Dolok Hole, 10 Agustus 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok menerima laporan masyarakat Dusun Batanggarut, Desa Batang Parsuluman, Kecamatan Saipar Dolok  Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (8/8) tentang adanya Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang berkeliaran di sekitar kampung Batanggarut dan di kebun masyarakat.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok melakukan pengecekan ke lokasi. Hasilnya ditemukan beberapa jejak harimau di jalan kebun dan disamping gubuk masyarakat. Petugas kemudian melakukan upaya pemantauan bersama masyarakat di beberapa titik untuk mengetahui keberadaan si raja hutan, melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti : Komando Rayon Militer (Koramil) 04 Saipar Dolok Hole dan Polsek Saipar Dolok Hole, serta membuat bunyi-bunyian untuk mengusir harimau dengan membunyikan jenduman.

Selain itu, petugas juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap waspada, menghindari waktu kembali (pulang) dari kebun/ladang terlalu sore, dan jangan terlalu pagi berangkat ke kebun selama harimau masih terlihat berkeliaran, tidak melakukan tindakan/perbuatan apapun yang mengancam  keselamatan baik warga maupun  harimau, serta segera melaporkan kepada petugas apabila melihat harimau muncul kembali. 

Melakukan koordinasi dengan Koramil 04 Saipar Dolok Hole

Sumber : M. Nasir Siregar - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini