Road To HKAN 2017 : BKSDA Yogyakarta Akan Lepasliarkan Elang Dan Landak Di TN Baluran

Minggu, 30 Juli 2017

Kulon Progo, 30 Juli 2017. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta yang dihadiri langsung oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta Ir. Junita Parjanti, MT mengadakan Press Release terkait rencana pelepasliaran satwa Elang dan Landak pada Puncak Peringatan HKAN yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2017 di TN Baluran. Balai KSDA Yogyakarta bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) serta PT Pesona Natasha Gemilang (Natasha Skin Care Clinic Center) akan mendukung kegiatan pelepasliaran satwa hasil sitaan dan penyerahan masyarakat berupa  1 (satu) ekor Elang Brontok (Nisaetus chirhatus) ; 4 (empat) ekor Elang Alap Jambul (Accipiter trivirgatus) serta 2 (dua) ekor Landak Raya (Histrix brachiura).

Sejumlah satwa liar tersebut didapat dari sejumlah operasi yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Mabes Polri dan adapula yang merupakan serahan langsung dari masyarakat yang dititipkan dan direhabilitasi ke Lembaga Konservasi YKAY dalam kurun 2012 – 2015 lalu. Dari hasil penilaian kesehatan dan perilaku sosial ke tujuh satwa liar tersebut dalam kondisi yang layak baik dari sisi kesehatan dan perilaku. “Semuanya yang akan dikirim ke Baluran kondisi baik. Makan bagus, respon terhadap mangsa bagus, perilaku liarnya juga bagus, sehingga kami nyatakan layak untuk lepasliar”, papar drh. Randy Kusuma dari YKAY. Jenis raptor yang akan dilepasliarkan juga dilakukan morfometri dan tagging berupa microchip sebagai tahapan akhir sebelum proses habituasi dan pelepasliaran.

Kegiatan pelepasliaran satwa ini juga didukung sektor swasta, yaitu PT Pesona Natasha Gemilang (Natasha Skin Care Clinic Centre) yang berpusat di Yogyakarta. Dikatakan oleh pimpinan PT Pesona Natasha Gemilang – dr. Fredi Setyawan bahwa dukungan dari Natasha Skin Care Clinic Center ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dari group Natasha terhadap upaya konservasi di Indonesia. “Kami ingin mendukung secara nyata upaya dan kerja keras teman-teman yang bergerak di bidang konservasi.

Kegiatan HKAN Tahun 2017 terdiri dari Road to HKAN yang dilaksanakan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia dan Puncak Peringatan HKAN Tahun 2017 akan dilaksanakan di Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Road to HKAN di wilayah D.I. Yogyakarta dilaksanakan melalui Kegiatan :

  1. Kampanye Keanekaragaman Hayati (Kehati) fun walk, dengan tema : Biodiversity Artnival yang diisi dengan Orasi Kehati yang mengangkat filosofi Hamemayu Hayuning Bawono memperindah keindahan dunia, yang tidak dapat terwujud begitu saja tanpa Rahayuning Bawono Kapurbo Waskithaning Manungso atau kelestarian alam tidak akan terwujud tanpa adanya kewaspadaan manusia. Dilanjutkan dengan Penulisan Pesan Konservasi, pada tanggal 23 Juli 2017.
  2. Pelepasliaran satwa dilindungi di Balai Taman Nasional Baluran pada tanggal 10 Agustus 2017.
  3. Jambore Nasional Konservasi Alam berupa Kemah Bakti Kader Konservasi di Camping Ground SM Sermo, pada tanggal 16-18 Agustus 2017.

 Sumber Info : Andie Chandra - PEH Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini