Terjerat di Ladang Masyarakat, Beruang Berhasil di Evakuasi

Rabu, 26 Januari 2022

Padang, 26 Januari 2022. Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang kena jerat di Jorong Sungai Kapur, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kabupaten Solok Selatan berhasil diselamatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar), Senin (24/1). Beruang terkena jerat babi hutan berupa tali nilon yang membuat kaki bagian kirinya terluka. Proses evakuasi dan penanganan medis berjalan lancar.  Setelah dilakukan observasi beberapa jam, dan melihat kondisi satwa yang bisa beraktivitas normal, Tim memutuskan satwa beruang ini layak untuk di lepasliarkan ke habitat nya kembali. Dan saat ini beruang telah dilepasliarkan di areal ABKT PT. BRM (Bukit Raya Medusa) yang berdekatan dengan Kawasan Cagar Alam Batang Pangean II.

Penyelamatan ini bermula dari informasi Kepala Jorong Sungai Kapur yang menghubungi petugas Resort Konservasi Wilayah (RKW) Solok pada tanggal 24 Januari 2022 sekitar pukul 17.00 wib, bahwa ada beruang yang terkena jerat. Melihat hasil foto dan video yang dikirim via Whatsapp, petugas melakukan verifikasi informasi dan menuju lokasi kejadian. Saat tiba di lokasi, malam hari nya petugas bersama tim medis dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) melakukan evakuasi dan penanganan medis. 

Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses evakuasi beruang ini, beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak ada lagi memasang jerat, karna efek dari jerat ini bisa melukai dan membunuh satwa satwa yang dilindungi termasuk harimau sumatera.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini