BKSDA Kalimantan Selatan menjadi Simpul Belajar Green Youth Movement Angkatan Dua

Selasa, 23 Juli 2024 BKSDA Kalsel

Banjarbaru, 22 Juli 2024 – Green Youth Movement (GYM) merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup yang menyediakan wadah bagi para generasi muda untuk bertukar pengetahuan dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup. Selain itu juga memfasilitasi tumbuhnya generasi muda sebagai pelopor dan duta penyelamat lingkungan hidup dan kehutanan.
Kegiatan GYM Angkatan 2 dilaksanakan secara hybrid pada masing-masing simpul belajar selama 6 hari yaitu tanggal 15-21 Juli 2024. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Pendidikan Green Youth Movement Angkatan Kedua mampu menjadi ruang bagi remaja setingkat SMA/SMK sederajat di seluruh penjuru tanah air Indonesia untuk belajar tentang cara melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara lebih bijak dan berkelanjutan. Kegiatan Green Youth Movement merupakan sebuah langkah yang sangat positif dan tepat untuk membangun kepedulian dan aksi nyata generasi muda dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

3-collage

GYM Angkatan Kedua diikuti sebanyak 14 peserta dari 6 sekolah tingkat SMA/SMK lingkup Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yaitu SMA Muhammadiyah Martapura, SMA Negeri 1 Martapura, SMK Negeri 1 Martapura, SMAS IT Assalam Martapura, SMA Negeri 2 Martapura dan SMA IT ANIC Banjarbaru.
Materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber dan fasilitator juga menarik dan beragam seperti:
1. Isu lingkungan hidup
2. Pencemaran dan perusakan lingkungan
3. Gaya hidup hijau (Green lifestyle)
4. Peran Penting Hutan dan Lahan Daerah Aliran Sungai
5. Konservasi dan keanekaragaman hayati
6. Peran penting media sosial dalam mengawal isu lingkungan hidup.
Pada sesi praktek pendalaman materi diisi dengan berbagai macam praktek seperti membuat konten terkait isu lingkungan, lagu/puisi dengan tema lingkungan hidup, video reportase, dan mading. Selain itu untuk memperdalam materi terkait dengan kehati dilaksanakan kegiatan eksplorasi keanekaragaman hayati yang pada kali ini dilaksanakan di TWA Pulau Bakut. Juga dilaksanakan praktek pembuatan ecoprint guna mengenalkan inovasi teknologi hijau dalam pengembangan usaha tekstil.

2-2024-07-22 at 17.09.22

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, drh. Agus Ngurah Krisna K., M.Si menyatakan bahwa apapun cita-cita yang akan dicapai oleh para Green Heroes, ilmu yang telah didapatkan selama kegiatan GYM akan tetap berguna kedepannya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Green Youth Movement hadir untuk mengenalkan, menumbuhkan kesadaran, dan memberikan keterkaitan generasi muda terhadap isu lingkungan dan perubahan iklim. Tujuannya, agar para generasi muda memperoleh gambaran terkait konsep utama gerakan yang akan dilaksanakan. (Ryn)
Sumber:  Riyan S. A., S.Kom  (Prakom BKSDA Kalsel)  & Siti Sofiatun N., S.Hut.  (Penyuluh BKSDA Kalsel) 

Doc. by : Riyan S. A., S.Kom  (Prakom BKSDA Kalsel) & Hamsan, S.E. (Humas BKSDA Kalsel) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini