TNGGP Tuan Rumah Gelaran Kejurnas Lari Trail

Senin, 30 Oktober 2023 BBTN Gunung Gede Pangrango

Cibodas, 30 Oktober 2023. Plh. Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Agus Yulianto didampingi Pejabat Eselon III Anggit Haryoso, Lana sari serta Susanti menghadiri acara pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 27 Oktober 2023. Hadir langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Walikota Bogor Bima Arya beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur tak terkecuali TNI/Polri. Event yang berlangsung 27-29 Oktober 2023 ini diselenggarakan oleh Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) dan mengambil rute jalur pendakian TNGGP yaitu Cibodas, Gunung Putri hingga Selabintana.


Bima Arya sebagai Ketua Umum ALTI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kejurnas ini menjadi panggung bagi para pelari trail menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara pada 2024 mendatang. Beliau pun mengapresiasi 13 Provinsi yang siap bertanding dan mengirimkan 66 atlet pelari trail di Kejurnas tahun ini. Ia berharap, daerah bisa memanfaatkan ajang ini untuk semakin menggaungkan olahraga lari lintas alam dan mencari bibit atlet masa mendatang.

Menurut informasi yang didapatkan dari penyelenggara, dalam Kejurnas ALTI 2023, ada tiga kategori yang diperlombakan, antara lain Kategori Vertikal 7,5 km (kumulatif gain elevasi 1.150 m), Kategori Jarak Pendek 40 km (kumulatif gain elevasi 3.570 m) dan Kategori Jarak Panjang 70 km (kumulatif gain elevasi 5840 m).

ALTI Provinsi yang mengirimkan atletnya diantaranya, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kejurnas Lari Trail 2023 Muhammad Farhan, menambahkan, maskot Kejurnas 2023 adalah ‘Si Kumpang’ yang merupakan akronim dari ‘Kumbang Jampang’. “Maskot itu dipilih karena Provinsi Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta ditunjuk menjadi tuan rumah bersama,” kata Farhan yang juga menjabat sebagai Ketua Harian ALTI.

Dari 66 atlet yang akan bertanding, lanjutnya, beberapa diantaranya pernah mengikuti kejuaraan dunia lari trail di Austria dan Thailand. “Semoga dengan masuknya cabang olahraga lari trail di ekshibisi PON 2024 menjadi motivasi tersendiri bagi atlet yang bertanding,” pungkasnya. (dikutip penulis dari panitia penyelenggara).


Selain Kejurnas lari gunung ada juga kegiatan Aksi Bersih jalur pendakian Cibodas dan Gunung Putri yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan oleh 3 entitas lainnya antara lain Tramp, Trash Bag Community dan Volunteer GPO dengan total jumlah peserta 307 orang. Pelepasan peserta dihari Sabtu 28 Oktober 2023 oleh Plh. Kepala BBTNGGP ini menjadi satu rangkaian acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95. 

Terima Kasih kepada semua pihak atas penyelenggaraan kegiatan positif kali ini. Sehingga sejalan dengan tema "Bersama majukan Indonesia"

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks  : Agus Deni @ agustdenie@gmail.com

Foto : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini