Pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula Di TN Rawa Aopa Watumohai

Selasa, 08 Agustus 2023 BTN Rawa Aopa Watumohai

Tatangge, 8 Agustus 2023 - Balai TN Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) menyelenggarakan kegiatan pembentukan kader konservasi tingkat pemula di Gedung Wisma Cinta Alam, Desa Tatangge, Kabupaten Konawe Selatan pada tanggal 8 Agustus 2023. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merekrut kader konservasi khususnya di tingkat pemula.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 30 orang, yang berasal dari pemuda-pemudi disekitar Kawasan desa penyangga TNRAW. Materi yang disampaikan meliputi materi yang berkaitan dengan Dasar-dasar konservasi, Dasar-dasar Pemadaman Karhutla, serta materi yang berkaitan dengan ekologi dan flora fauna di TNRAW.


Kader konservasi TNRAW merupakan sekelompok masyarakat yang diharapkan dapat membantu  menyebarluaskan informasi, tetapi yang terpenting dapat menjadi panutan dalam hal pengelolaan/pelestarian lingkungan hidup, yang dilakukan secara aktif dan mandiri (volunteer), khususnya di sekitar kawasan TNRAW. 

Para kader ini dipilih orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, kreatif dan inovatif terkait lingkungan hidup. Sehingga kedepannya, kader ini dapat menjadi contoh, menginsipirasi, dan memberi teladan dalam aktivitas positif terhadap lingkungan hidup.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara/proses untuk merekrut kader konservasi, khususnya untuk tingkat pemula, yaitu melalui proses pembentukan/pelatihan seperti ini, dengan maksud agar para kader memiliki pemahaman yang sama dalam pengelolaan lingkungan hidup yang baik.


Dalam kader konservasi terdapat 3 jenjang, yaitu pemula, madya dan utama. Masing-masing jenjang harus melalui pendidikan/pelatihan. Setiap kader yang telah melalui pelatihan/penjenjangan akan mendapatkan kartu anggota, Setiap anggota kader dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan UPT dan juga berhak untuk diajukan sebagai peserta lomba kader konservasi tingkat nasional atau event-event lainnya yang bersifat nasional.


Semoga melalui kegiatan pembentukan kader konservasi tingkat Pemula lingkup Balai TNRAW, dapat memunculkan generasi muda yang secara aktif dan mandiri melakukan aktivitas peduli lingkungan dan dapat menjadi mitra Balai TNRAW dalam melestarikan kawasan TN Rawa Aopa Watumohai.


Sumber Info : Balai TN Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini