Dukungan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dari East Ventures Bagi Pengelolaan Taman Nasional Komodo

Minggu, 30 Juli 2023 BTN Komodo

Labuan Bajo, 28 Juli 2023 - Balai Taman Nasional Komodo memperoleh dukungan pengelolaan kawasan dari East Ventures yang merupakan perusahaan venture capital terkemuka dan pionir investasi start-up teknologi di seluruh sektor (sektor agnostik) di Indonesia. Kolaborasi ini merupakan buah kunjungan East Ventures ke kawasan Taman Nasional Komodo pada awal tahun 2023, dimana East Ventures tergerak hati dan merasa perlu memberi balik kepada alam dengan mendukung upaya pelestarian hutan dan perairan di kawasan Taman Nasional Komodo. Adapun bentuk dukungan yang diberikan oleh East Ventures untuk pengelolaan Taman Nasional Komodo antara lain: peningkatan sarana prasarana wisata alam, penanaman 5000 bibit mangrove, giat bersih pantai bersama pemerintah dan masyarakat setempat.

Ceremonial aksi penanaman 5000 bibit mangrove diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2023 bertempatkan di Resort Papagarang SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo. Kegiatan ini dihadiri oleh Lukman Hidayat (Kepala SPTN Wilayah II), Judy Aries Mulik (Kepala SPTN Wilayah III), H. Abdullah (Kepala Desa Papagarang), mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Politeknik Pariwisata NHI Bandung, siswa-siswi SD Negeri 1 Papagarang, dan masyarakat Desa Papagarang. Aksi penanaman mangrove juga akan dilakukan di Resort Loh Sebita dan Kerontong (SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo). Meskipun kondisi hutan mangrove di kawasan Taman Nasional Komodo masih alami dan sehat, aksi penanaman mangrove ini tetap penting untuk dilakukan sebagai dukungan bagi upaya pengelolaan hutan dan karbon biru di kawasan pesisir dan perairan. Aksi sosial-lingkungan ini diselenggarakan sejalan dengan peringatan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli setiap tahunnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen East Ventures untuk mendorong konservasi hutan dan wisata alam yang berkelanjutan di Taman Nasional Komodo, salah satu ikon pariwisata Indonesia. Kami senang bisa berkolaborasi dengan Balai Taman Nasional Komodo dan masyarakat setempat dalam melakukan kegiatan ini. Kami berharap agar East Ventures bisa membuka tradisi baru wisata korporasi di mana setiap kunjungan wisata dari perusahaan, para pengunjung tidak meninggalkan jejak wisata yang bisa merusak alam dan juga setiap kunjungan memberikan dampak langsung pada masyarakat lokal”, tutur Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.


Sementara giat bersih pantai dikemas dengan tema “Bersih Bersih Bajo” yang turut dilaksanakan di Long Beach Padar, SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo. Dalam pengumpulan dan pengolahannya, East Ventures bekerjasama dengan Rekosistem selaku climate tech start-up pengelolaan sampah di Indonesia. Para peserta giat bersih pantai berhasil mengumpulkan 899.9 Kg sampah yang selanjutnya akan dipilah dan didaur ulang di Labuan Bajo, NTT.

Sebelumnya, East Ventures telah lebih dulu memberikan dukungan revitalisasi sarana prasarana wisata alam di kawasan Taman Nasional Komodo, khususnya di Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Gili Lawa. Total dukungan senilai Dukungan senilai IDR 333.168.883,- diberikan dalam bentukpemasangan dua panel surya dan satu charging station oleh Xurya, salah satu perusahaan portfolio East Ventures yang bergerak di bidang energi terbarukan, untuk memenuhi kebutuhan listrik di pos pemungutan PNBP Resort Padar Selatan. Selain itu, dukungan lainnya mencakup bantuan revitalisasi fasilitas toilet, papan informasi, tali, pengadaan seragam dan topi untuk para rangers dan naturalist guide, alat pengeras suara, dan protofon (HT). Semua dukungan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan pariwisata alam berkelanjutan di kawasan Taman Nasional Komodo kedepannya.

Terkait dengan kolaborasi nyata ini, Hendrikus Rani Siga, Kepala Balai Taman Nasional Komodo mengapresiasi East Ventures sebagai salah satu perusahaan yang memiliki kesadaran tinggi terhadap upaya pelestarian hutan dan lingkungan di kawasan Taman Nasional Komodo. “Banyak perusahaan yang memperoleh keuntungan dari aktivitas ekowisata di Taman Nasional Komodo, namun belum banyak yang tergerak hatinya untuk berkontribusi balik secara nyata bagi pelestarian alam maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. East Ventures merupakan salah satu contoh perusahaan yang baik dan bisa menjadi teladan bagi perusahaan lainnya kedepannya. Kegiatan di Resort Papagarang kemarin pun melibatkan banyak pemangku kepentingan di Labuan Bajo, membentuk sebuah kolaborasi nyata untuk melindungi keindahan alam Taman Nasional Komodo. Kami percaya bahwa dukungan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengelolaan pariwisata alam berkelanjutan di Taman Nasional Komodo”.


Sumber : Balai TN Komodo

Penulis Berita : Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (PEH Ahli Muda) & Pheseline Felim (Head of Media and Marketing East Ventures)

Penyunting Berita : Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (PEH Ahli Muda)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini