SIDARING Versi 2 Resmi Meluncur

Rabu, 14 Desember 2022

Boyolali, 12 Desember 2022. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu telah melakukan Launching Penerapan Sistem Aplikasi Booking Online SIDARING Versi 2 sebagai bagian dari pengembangan dan inovasi Transformasi Taman Nasional Gunung Merbabu. SIDARING (Sistem Pendataan dan Monitoring) merupakan inovasi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu pada area perubahan eksternal. Ide genuine SIDARING adalah penerapan gelang berchips dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) untuk mengontrol pendaki. Penerapan aplikasi ini merupakan salah satu wujud komitmen Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dalam memberikan pelayanan dan keamanan bagi pendaki.

SIDARING Versi 2 merupakan peningkatan sistem versi sebelumnya sekaligus menjadi bentuk respon masukan masyarakat melalui fitur pembayaran e-Payment BRI Virtual Account atau BRIVA tanpa dikenakan biaya tambahan. Disamping itu, pada versi terbaru ini telah ada fitur Solo Traveler yang memberikan kemudahan bagi pendaki yang belum memenuhi syarat minimal jumlah pendaki sesuai SOP pendakian untuk mendapatkan partner mendaki Gunung Merbabu. Fitur solo traveller merupakan sebuah fitur yang menampung dan menampilkan data calon pendaki solo, sehingga para calon pendaki dapat memilih dan mengajak join pendaki solo traveller mendaki bersama. Mereka harus membuka komunikasi kesediaan untuk mendaki bersama terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pendaftaran booking bersama.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu juga telah menentukan pembatasan pengunjung pendakian. Penerapan quota pendaki sesuai dengan daya dukung jalur dimaksudkan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan sekaligus mempertahankan tingkat pengalaman wisata/ tourist experiences level .

Penerapan Sistem Aplikasi Booking Online SIDARING Versi 2 ini dibuka secara simbolis dengan menekan tombol mouse booking online oleh Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem didampingi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah; Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah; Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali; Kepolisian Resor Boyolali; Komando Distrik Militer 0724/Boyolali; BRI Cabang Boyolali; dan Camat Selo. Dengan adanya penerapan Sistem Aplikasi Booking Online SIDARING Versi 2 diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Penanggung jawab berita : Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu - Junita Parjanti - 085643838625

Informasi lebih lanjut : Call center BTNGMb 0811-2950-970

Instagram : @btn_gn_merbabu

           

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini