Ketertarikan Unpad Mengenal TN Komodo Lebih Dekat

Senin, 12 September 2022

Labuan Bajo, 22 Agustus 2022. BEM KEMA Universitas Padjadjaran (UNPAD) sebanyak satu orang dosen dan 12 orang mahasiswa memaparkan rencana penelitian singkat di Taman Nasional Komodo, Senin (22/8). Penelitian singkat ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Lingkungan Hidup BEM KEMA UNPAD untuk mempelajari biawak komodo yang ada di Resort Kampung Komodo – Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo.

Mahasiswa UNPAD menjelaskan mengenai latar belakang dan tujuan dilaksanakannya penelitian di kawasan Taman Nasional Komodo, salah satunya karena didorong oleh adanya perubahan status populasi komodo yang semula “vulnerable” menjadi “endangered”. Mahasiswa juga tertarik melakukan penelitian di dalam kawasan Taman Nasional Komodo karena masih terbatasnya kontribusi keilmuan oleh UNPAD bagi pengelolaan Taman Nasional Komodo.

Mahasiswa berharap dengan diselenggarakannya penelitian singkat ini, mahasiswa dapat mengetahui dinamika populasi biawak komodo pada jalur trekking di Resort Kampung Komodo dan dapat memberikan informasi pendukung terkait ekologi satwa liar bagi Balai Taman Nasional Komodo. Mahasiswa juga berkeinginan untuk dapat mengedukasi anak-anak sekolah di Desa Komodo lebih dalam mengenai dinamika populasi biawak komodo yang hidup pada habitat/ruang tinggal yang sama dengan masyarakat.

Muhammad Zamzam Mezamil, sebagai Ketua Koordinator Departemen Lingkungan Hidup BEM KEMA Universitas Padjadjaran menjelaskan bahwa mahasiswa memilik tiga program dalam penelitian ini yaitu kegiatan pendahuluan berupa diskusi dengan pihak Balai Taman Nasional Komodo. Kemudian kegiatan penelitian yang akan mahasiswa lakukan dari tanggal 24 Agustus-1 September. Dan yang terakhir merupakan kegiatan puncak yaitu webinar kolaborator pada tanggal 29 Oktober 2022. Mahasiswa juga berencana untuk membuat sebuah film dokumenter yang akan dirilis pada Bulan November 2022.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Politeknik Pariwisata NHI Bandung Jurusan Kepariwisataan - Joy Filip Oktavianus (+62821395201028)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini