Melihat Perilaku Istirahat Rusa Timor Di Lembah Loh Buaya Pulau Rinca

Jumat, 29 Juli 2022

Labuan Bajo, 21 Juni 2022. Agneta Rince, Mahasiswa Program Sarjana Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana Kupang melakukan kegiatan magang wajib di Resort Loh Buaya, Pulau Rinca, terkait observasi perilaku istirahat pada rusa timor (Rusa timorensis).

Tingkah laku istirahat merupakan salah satu aktivitas harian dari rusa timor dan melakukannya secara berkelompok setelah melakukan aktivitas makan di pagi, siang, dan sore hari. Jenis pakan yang biasanya di makan oleh rusa timor yang ada di loh buaya sendiri adalah jenis rerumputan. Agneta melakukan wawancara dan menyimpulkan bahwa rusa memakan buah buah asam serta buah bidara. Rusa timor banyak menghabiskan waktunya di rerumputan teki yang merupakan pakan dari rusa timor itu sendiri.

Rusa timor sendiri memiliki kemampuan beradaptasi yang cukup baik. Dari hasil pengamatan, Agneta mengamati jumlah rusa timor yang ada di sekitar resort loh buaya berkisar sekitar 6 ekor yang biasanya beristirahat di depan pusat informasi dekat pohon asam dengan cara berbaring di bawah teduhnya pohon asam dan semak sambil melakukan kegiatan memamah biak. Rusa timor melakukan aktivitas istirahat untuk berteduh dan berlindung dari teriknya sinar matahari langsung serta untuk menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Pada saat istirahat dalam kelompok besar maupun kelompok kecil dengan jarak antar individu yang tidak berjauhan, biasanya rusa timor juga sesekali diselingi dengan merawat diri.

Agnes berhasil mengamati aktivitas lain dari rusa timor yaitu membersihkan diri, meregangkan otot-otot tubuh, mengibaskan ekor, menggerakkan telinga, vokalisasi, serta mengasah tanduk. Rusa timor membersihkan diri dengan menjilat rambut yang berada di bagian-bagian tubuh seperti punggung, perut dan muka. Rusa dapat melakukan aktivitas menjilat secara pribadi ataupun menjilat individu lain. Rusa timor melakukan aktivitas meregangkan otot-otot tubuh sesudah istirahat selesai dalam jangka waktu yang lama dengan posisi duduk atau tidur merebahkan diri. Terkadang, rusa yang biasanya duduk, kemudian meregangkan kaki dan leher. Rusa timor biasa mengibaskan ekor dan menggerakkan telinga baik pada saat mereka sedang duduk, berdiri, maupun berjalan untuk mengusir serangga dan sebagai sikap untuk berjaga-jaga.

Rusa timor merupakan jenis rusa tropis yang dapat dijumpai di berbagai pulau di Indonesia. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo, mereka akan menjumpai rusa timor di Loh Buaya, Pulau Rinca. 

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggung Jawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana - Agneta Rince

Penyunting Berita:

  1. Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)
  2. Mahasiswa Magang Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya - Salma Noer Aulia (+6285155456100)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini