Semangat Gowes di “Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia”

Selasa, 07 Juni 2022

Jakarta, 6 Juni 2022. Tim Gowes Direktorat Jenderal (Ditjen) KSDAE yang terdiri dari perwakilan Direktorat (Dit.) RKK, Dit PJLKK, Dit PKK  dan UPT KSDAE atau dikenal juga dengan MATADOR - Manggih, Tanjakan, Dorong yang artinya nemu tanjakan didorong, ikut serta dalam kegiatan “Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia” yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup bersama Bike to Work pada tanggal 5 Juni 2022. Aksi ini bertujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus pengurangan emisi dan menciptakan langit biru di Indonesia.

Aksi bersepeda ini merupakan rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.  Tema Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia  tahun ini, yaitu Only One Earth. Sebagai pengingat bahwa bumi adalah satu-satunya rumah kita yang sampai saat ini masih bergandengan erat dengan krisis lingkungan maka Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup untuk Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”.   

Rangkaian kegiatan aksi bersepeda dengan melakukan bersepeda bersama dengan rute dimulai dari Balai Kota Jakarta dan berakhir di Gedung Manggala Wanabakti KLHK. Beberapa kegiatan selanjutnya dilaksanakan di Gedung Manggala Wanabakti KLHK berupa deklarasi para pesepeda untuk berkomitmen menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari hari, mendorong jalur khusus pesepeda, dan terlibat dalam program ramah lingkungan. Selain itu juga dilaksanakan pelepasliaran burung kutilang, penanaman pohon mahoni yang berfungsi sebagai penyerap polutan udara dan peresmian parkir sepeda serta launching komunitas pesepeda KLHK.

Sumber : Mugiharto - Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini