Keceriaan Anak-anak Jaring Halus di World Turtle Day 2022

Rabu, 25 Mei 2022

Salah seorang anak serius mewarnai gambar

Jaring Halus, 24 Mei 2022. Beberapa anak SD Negeri 053980 Jaring Halus dan MIS Al Falah Desa Jaring Halus, sedang berkumpul mengikuti lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar (SD), Senin (23/5) yang diselenggarakan Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui  Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. Tak sendiri, kegiatan ini turut menggandeng mitra Yayasan Satucita Lestari Indonesia untuk memperingati Hari Kura-kura dan Penyu Sedunia atau yang dikenal dengan World Turtle Day 2022, setiap tanggal 23 Mei.

Rona wajah yang gembira dan ceria terlihat jelas dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Seolah-olah peristiwa ini menjadi langka dan unik bagi anak-anak yang berada di pedesaan. Dengan polosnya generasi-generasi cilik yang jumlahnya 31 orang ini mempertanyakan mengapa dan apa perlunya diperingati hari kura-kura atau penyu, karena satwa ini bukanlah hal yang baru mereka kenal.

Untuk menjawab keingintahuan tersebut, tim kreatif Seksi Konservasi Wilayah II Stabat beserta Yayasan Satucita Lestari Indonesia meramunya dalam berbagai bentuk edukasi, seperti pemutaran video dokumenter konservasi Tuntong Laut, konservasi kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut serta kolaborasi pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial Jaring Halus. Tidak hanya itu, peserta juga diajak bermain kuis.

Model pembelajaran dengan pemutaran film dokumenter

Model edukasi ini dipandang efektif dalam mengembangkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini tentang konservasi satwa liar, terutama spesies Tuntong Laut (Batagur borneoensis) yaitu kura-kura air tawar yang  statusnya saat ini sudah kritis. Harapannya melalui kegiatan ini akan lahir kader-kader konservasi cilik sebagai pioner dalam upaya konservasi Tuntong Laut, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang

Diakhir acara dilakukan pengumuman pemenang lomba mewarnai, masing-masing : juara 1, 2, 3 dan Harapan 1,2,3 secara berturut-turut yaitu Fatih dari MIS Al Falah, Reja dari MIS Al Falah, Kayla dari SD 053980 Jaring Halus, Atifa dari MIS Al Falah, Zahra dari MIS Al Falah dan Sahril dari MIS Al Falah.

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut.-Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini