Profesor Asal Spanyol Jelajahi Kawasan Resort Cibodas

Kamis, 19 Mei 2022

Cibodas, 19 Mei 2022. Ignacio Javier Diaz-Maroto Hidalgo merupakan Profesor dari Department of Agroforestry Engineering, Univesidade De Santiago De Compostela (USC), Spain. Bersama tim dari IPB University, Prof. Ignacio melakukan jelajah alam ke Canopy Trail Ciwalen, Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Cibodas, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Rabu (19/5).

Petualangan dimulai dengan menyebrangi Canopy Trail dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak puas sampai disitu, perjalanan berlanjut menuju Curug Ciwalen. Dengan umur yang tidak lagi muda, beliau masih sangat kuat dan bersemangat melakukan perjalanan ini. Beliau menyampaikan bahwa kondisi di TNGGP masih sangat baik, asri, dan alami. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki begitu banyak Taman Nasional, di Spanyol sendiri ada sekitar 17 Taman Nasional.

Tim Humas didampingi Tim Resort PTN Cibodas memperkenalkan kondisi TNGGP secara umum serta menyampaikan 3 (tiga) satwa prioritas yang ada di TNGGP yaitu Owa Jawa (Hylobates moloch), Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), dan Macan Tutul (Panthera pardus melas). Tim juga menjelaskan dengan luas 24 ha, TNGGP memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi, meliputi lebih dari 1000 spesies fauna, dan lebih dari 2000 spesies flora.

Sumber : Sisca Widiya A - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dok : Tim IPB University dan Tim Humas BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini