Petugas Balai TN Komodo Terus Beri Peluang Belajar Mahasiswa Magang

Kamis, 19 Mei 2022

Labuan Bajo, Balai Taman Nasional Komodo, 18 Mei 2022. Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Mahasiswa S1 Jurusan Pariwisata Politeknik Pariwisata Bali menjelaskan rencana magang kepada staf Urusan Program, Anggaran, Kerja Sama, dan Pelayanan Balai Taman Nasional Komodo. Presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 secara virtual ini dipandu oleh Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Pertama) dan diikuti oleh Rias dan Valerianus Rahmat (Calon Pegawai Negeri Sipil Balai Taman Nasional Komodo Tahun 2021 Jabatan Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan Pemula). Pemaparan ini untuk memberikan penyempurnaan substansi pada rencana penelitian dan magang mahasiswa ITB dan Polikteknik Pariwisata Bali.

Kedua kelompok mahasiswa tersebut ingin mendalami mata kuliah yang sudah dipelajari di universitas secara langsung di alam. Mahasiswa ITB berencana ingin memperdalam pengetahuan terkait dengan keanekaragaman distribusi dan pembuatan herbarium tanaman anggrek, analisis vegetasi dan keanekaragaman tumbuhan, serta mendalami wawasan terkait dengan keanekaragaman distribusi burung di jalur wisata dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Ketiga topik magang ini dikonsultasikan terlebih dulu kepada Staf Urusan Program, Anggaran, Kerja Sama, dan Pelayanan untuk mendapatkan penyempurnaan substansi sebelum nantinya akan dipresentasikan dihadapan jajaran pimpinan dan staf Balai Taman Nasional Komodo. Ketiga mahasiswa Ilmu Rekayasa Kehutanan semester 5 ini antara lain: Selva Adi Yudatama, Dinda Fahita Gultom, dan Fina Lutfia A.

Mahasiswa ITB berencana melaksanakan kegiatan magang selama empat minggu mulai tanggal 20 Juni – 20 Juli 2022. Staf Balai Taman Nasional Komodo menyarankan agar kegiatan magang dilaksanakan setidaknya enam minggu dengan mempertimbangkan jadwal pergantian petugas (rolling) dan ketersediaan armada transportasi. Berbeda dengan mahasiswa ITB yang berkeinginan untuk melaksanakan kegiatan magang, mahasiswa S1 Pariwisata Politeknik Pariwisata Bali ingin melaksanakan kegiatan penelitian. Judul yang diajukan adalah Persepsi Masyarakat Lokal Kampung Komodo Terhadap Pengembangan Pariwisata di Resort Loh Liang Taman Nasional Komodo. Mahasiswa atas nama Maria Lusia Ganggus ini turut mendapatkan umpan balik dari staf Balai Taman Nasional Komodo untuk kemudian dilakukan penyempurnaan substansi pada proposal penelitiannya.

Balai Taman Nasional Komodo aktif membuka kesempatan bagi para pelajar untuk melakukan kegiatan pendidikan dan penelitian langsung di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Terdapat 78 siswa dan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang dan penelitian di Balai Taman Nasional Komodo pada tahun 2021, sedangkan per Bulan Mei 2022, jumlah siswa yang melaksanakan kegiatan magang telah mencapai setidaknya 30 orang.

Balai Taman Nasional Komodo berharap dengan diberikannya kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan pendidikan dan penelitian di dalam kawasan, hal ini dapat memberikan perbandingan wawasan atas teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Kegiatan penelitian pun perlu dipastikan dapat memberikan kontribusi ilmu pengetahuan bagi sistem pengelolaan kawasan.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Pemula - Rias (+6287810341748)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini