Ngabuburit Rasa Konservasi Bersama KTH Wilayah Bogor

Sabtu, 09 April 2022

Bogor, 9 April 2022. Kali ini giliran ngabuburit bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Ciaul Maju Bersama yang ada di Desa Cibedug, Kec. Ciawi, Kab. Bogor, Kamis (7/4). KTH ini merupakan salah satu dari 10 KTH binaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) yang ada di wilayah Bogor. Masyarakat yang bergabung dalam KTH merupakan mantan penggarap pada masa pengelolaan lahan oleh Perum Perhutani sebelum Tahun 2003.
 
KTH Ciaul Maju Bersama ini merupakan salah satu pemegang izin Perizinan Berusaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (PB-PJWA). Selain itu, masyarakat juga menginisiasi kerjasama kemitraan konservasi dalam Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu berupa bambu, kopi dan getah pinus di Zona Tradisional, Blok Cinakimun.


 
Tema usaha wisata yang akan diusung nantinya berupa paket wisata tracking/hiking, berkemah, dan paket edukasi yang diintegrasikan dengan potensi alam setempat. Masyarakat setempat telah membuat produk kerajinan bambu dan pengolahan kopi secara tradisional untuk mendukung pengelolaan wisata alam.
 
Semoga dengan adanya masyarakat yang berdaya, hutan menjadi terus terjaga. Leuweung Hejo, Masyarakat Ngejo.
 
Sumber : Ratih Mayangsari & Sisca Widiya A - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dokumentasi : Erwin Kusumah & Maria Nugrahani (Penyuluh Kehutanan)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini