Meningkatkan Kapasitas Masyarakat Peduli Konservasi Alam

Senin, 28 Maret 2022

 Pemaparan narasumber di TWA Sibolangit

Medan, 28 Maret 2022. Peran serta berbagai elemen masyarakat dalam mendukung upaya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya tetap menjadi perhatian dan skala prioritas Balai Besar KSDA Sumatera Utara guna dibina dan diberdayakan. Untuk itulah Balai Besar KSDA Sumatera melaksanakan kegiatan Penguatan Kelembagaan Bina Cinta Alam dan Kader Konservasi di 2 lokasi masing-masing : di Taman Wisata Alam Sibolangit pada Senin 21 Maret 2022, dan di Pendopo Konservasi Penyu Binasi Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah pada Kamis 24 Maret 2022.

Kegiatan penguatan kelembagaan bina cinta alam dan kader konservasi ini merupakan salah satu upaya penyadartahuan masyarakat yang dilakukan oleh Balai besar KSDA Sumatera Utara dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian akan konservasi yang dilakukan melalui jalur  non formal. Harapannya dari kegiatan ini akan terjalin kemitraan sehingga nantinya pesan-pesan dan geliat konservasi alam dapat tersampaikan dan tersosialisasikan dengan baik kepada kelompok-kelompok  masyarakat lainnya secara berkelanjutan.

Kegiatan ini juga sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi Balai Besar KSDA sebagaimana diatur dalam  Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No : P.08/Setjen/OTL.0/1/2016, dimana salah satunya adalah pengembangan bina cinta alam serta penyuluhan konservasi sumber daya alam.

Dalam kegiatan ini 60 orang peserta terlibat secara aktif, dimana 34 orang mengikutinya di TWA Sibolangit, dan sisanya 26 orang mengikuti kegiatan di Pendopo Konservasi Penyu Binasi Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah. Peserta pun datang dari berbagai latar belakang profesi dan institusi/kelembagaan, seperti : siswa/i pencinta alam (sispala), mahasiswa pencinta alam (mapala), pramuka, komunitas peduli sampah, LSM lingkungan, komunitas penggiat alam bebas, remaja mesjid,  Dinas Pendidikan, Pos Angkatan Laut, Imam Mesjid, kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan kader konservasi baik yang telah mengikuti pendidikan kader konservasi maupun yang telah diangkat/ditetapkan.

Peserta dan narasumber di Pendopo Konservasi Penyu Pantai Binasi Tapanuli Tengah

Empat topik utama yang dibekali bagi peserta berkaitan dengan : Tugas Pokok  dan  Fungsi Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Pengenalan  Kawasan Konservasi yang dikelola oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Pemantauan dan Peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar serta materi Pembinaan Cinta Alam. Narasumber seluruhnya berasal dari Balai besar KSDA Sumatera Utara, seperti : Kepala Bidang KSDA Wilayah I Mustafa Imran Lubis, SP., Kepala Bidang KSDA Wilayah II Seno Pramudito, S.Hut.,ME, Kepala Seksi Perencanaan, Pengawetan dan Perlindungan Amenson Girsang, SP., Kepala Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan Suyono, SH, M.Si., serta Samuel Siahaan, SP. pejabat Fungsional PEH pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Usai mengikuti peningkatan kapasitas, tentunya seluruh peserta menjadi mitra penting bagi Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap upaya-upaya pelestarian alam. Selamat dan kita menunggu karya-karyanya.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini