InHouse Training Pengolahan Data Citra Satelit

Jumat, 25 Maret 2022

Cibinong, 25 Maret 2022. Sebagai upaya peningkatan kapasitas pegawai Taman Nasional Kepulauan Seribu pada penguasaan keahlian perpetaan di era revolusi industri 4.0, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu melakukan kegiatan inhouse training pengolahan data citra satelit untuk penyusunan data spasial di Kawasan TN Kepulauan Seribu. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) minggu, dimulai tanggal 14 hingga 20 Maret 2022 di kantor Badan Informasi Geospasial (BIG), Cibinong Bogor.

Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode analisis citra satelit untuk penyusunan data potensi kawasan dan spasialisasi data pengamanan kawasan secara aplikatif. Citra yang dianalisis bersumber dari Data Citra Sentinel dan SPOT 6 Tahun 2021. Pada pelatihan ini, pemateri BIG mengajarkan metode mereduksi kilauan cahaya yang terpantul dari laut (sunglint) dan metode Lyzinga, yaitu teknik untuk menghilangkan kolom air di sekitar pulau agar interpretasi terhadap potensi dan keragaman hayati dapat dideliniasi secara akurat dan spesifik.

Sebagai upaya menjawab tantangan kemajuan teknologi, inhouse training ini dapat menjadi peningkatan pengelolaan kawasan TN Kepulauan Seribu yang dikelola secara spasial, serta dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan kebijakan pengelolaan kawasan dengan tepat.

Kegiatan ini diikuti oleh 8 (delapan) orang peserta yang masing-masing merupakan perwakilan dari jabatan fungsional Penyuluh Kehutanan, fungsional Polisi Kehutanan dan fungsional PEH yang dibuka langsung oleh Bapak Kepala Balai, Bapak Kusminardi bersama dengan Kepala Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT), BIG, Ibu Dra. Lien Roslina, M.M.

Sumber : M. Firdiyansyah - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini